Advertorial

Rencanakan Dana Pensiun Sejak Muda melalui Kiat-Kiat Ini

Kompas.com - 22/12/2017, 19:01 WIB

Saat ini, banyak generasi muda yang mulai menyusun anggaran untuk masa depan. Mereka mulai menganggarkan dana untuk berbagai kebutuhan, mulai dari dana pendidikan, membeli rumah dan kendaraan pribadi, hingga kebutuhan anak di masa mendatang. Dengan begitu banyak kebutuhan, dana pensiun kerap kali diabaikan.

Dana pensiun memang akan digunakan saat seseorang memasuki usia senja. Namun, menurut praktisi dan perencana keuangan, Ed Slott, masa muda menjadi saat yang tepat untuk mulai menyusun dana pensiun. Semakin cepat Anda mulai merencanakan dana pensiun, semakin banyak keuntungan yang akan diperoleh. 

Menunda perencanaan dana pensiun merupakan salah satu kesalahan terbesar generasi muda. "Perencanaan keuangan terbaik berdasarkan waktu, dan kaum muda punya waktu paling banyak," ujar Ed. Bila diperhitungkan, investasi bernominal rendah dalam jangka panjang akan memberikan imbal balik yang lebih baik.

Hal lain yang dapat anda lakukan adalah memperhatikan skema perpajakan. Beberapa aturan perpajakan dapat menguntungkan Anda bila uang disimpan dalam jangka waktu panjang. Terlebih bila digunakan untuk kepentingan 20-30 tahun mendatang.

Selain itu, jangan mengambil dana pensiun Anda sebelum waktu pensiun. Meskipun hal ini dapat dilakukan di beberapa perusahaan, hal ini dapat mengurangi dana pensiun Anda. Jadi, ambillah dana tersebut pada waktunya.

Dana pensiun juga dapat anda peroleh melalui asuransi kesehatan. Setiap perusahaan biasanya akan memberikan fasilitas asuransi pada karyawannya. Bentuknya beragam seperti asuransi dana pensiun atau asuransi kesehatan pemerintah seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Perlu diingat, fasilitas ini akan memotong sebagian kecil dari pendapatan anda per bulan.

Setiap berpindah pekerjaan, terkadang Anda memperoleh skema dana pensiun baru. Anda pun mungkin berpikiran untuk menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan dan mencairkan dana pensiunnya untuk modal usaha Anda. Padahal, Anda dapat memaksimalkan dana pensiun melalui asuransi ini

Alih-alih mencairkan dana setiap berganti pekerjaan, alihkan BPJS Ketenagakerjaan tersebut dengan pembayaran individu. Dengan hal ini, Anda dapat memperoleh dana pensiun yang cukup untuk masa tua.

Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan dana pensiun Anda dari sekarang untuk keuangan masa tua yang lebih terjamin.

Sumber : smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com