Advertorial

Konsistensi Penerapan GCG Menjadikan PLN Sebagai Indonesia Trusted Companies 2017

Kompas.com - 22/12/2017, 19:42 WIB

PLN berhasil meraih prestasi sebagai Indonesia Trusted Companies 2017 di ajang Malam Penghargaan dan Konferensi Corporate Governance Perception Index (CGPI) ke-16 yang diadakan pada Hari Selasa, 19 Desember 2017 di Hotel Shangri-la, Jakarta karena konsistensi dalam menjalankan Good Corporate Governance (GCG).

Penghargaan yang didapat PLN diterima Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali yang diberikan oleh Chairman The Indonesian Institute For Corporate Governance (IICG) Gendut Suprayitno. Ali mengungkapkan bahwa merupakan suatu kehormatan bagi PLN atas prestasi ini sekaligus komitmen untuk terus meningkatkannya.

Ali juga menyampaikan bahwa PLN terus melakukan yang terbaik agar menjadi perusahaan yang tepercaya. Ia menambahkan pula jika tanggung jawab dan amanah mulia PLN untuk menerangi Indonesia memang harus dijalankan dengan kesungguhan.

-- -

Acara yang digagas oleh The Indonesia Institute For Corporate Governance (IICG) dan Majalah SWA tersebut bertujuan untuk memotivasi sekaligus membantu perusahaan agar selalu bisa menerapkan prinsip GCG.

Total ada 1056 perusahaan BUMN dan swasta yang mengikuti ajang ini, tetapi hanya 34 perusahaan saja yang memenuhi persyaratan menjadi peserta Corporate Governance Perception Index (CGPI). Ada dua tahap penilaian yang harus diikuti peserta CGPI yaitu tahap analisis (meliputi self assessment dan penilaian dokumen) dan tahap observasi.

Ada 3 aspek penilaian dan 7 indikator penilaian berbentuk pernyataan tentang hal-hal yang dipersepsikan oleh organ dan anggota perusahaan pada tahap self assessment. Selanjutnya peserta diwajibkan memperlihatkan sedikitnya 47 jenis dokumen dan informasi perusahaan pada tahap penilaian dokumen. Tahap terakhir yaitu observasi dilakukan dengan klarifikasi oleh panitia melalui paparan eksekutif dan diskusi dengan organ perusahaan.

Terdapat tiga kategori dalam penentuan peringkat CGPI, yakni kategori sangat tepercaya (The Most Trusted), tepercaya (The Trusted) dan cukup tepercaya (The Fair Trusted). Sebanyak 23 perusahaan mendapat kategori tepercaya pada acara ini, sementara 11 perusahaan memperoleh kategori sangat tepercaya.

Diharapkan pemeringkatan yang dilakukan sejak tahun 2001 ini bisa meningkatkan kualitas layanan perusahaan kepada para stakeholdersnya sehingga akan menghasilkan hasil yang baik pula bagi kemajuan bangsa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com