Advertorial

Jadikan Natal Sebagai Momentum Tingkatkan Karier

Kompas.com - 28/12/2017, 15:00 WIB

Natal Menjadi Momentum untuk Meningkatkan Karier

Natal biasanya menjadi waktu tepat untuk rehat dari pekerjaan dan pergi berlibur. Namun kamu juga bisa menggunakan momen ini untuk memikirkan pengembangan karier. Bahkan, Natal bisa menjadi momentum paling tepat membuat karier melejit di 2018.

Lembaga Personal Career Management memberi beberapa kiat seperti dikutip The Guardian.

Manfaatkan momentum pesta natal kantor

Ketika Natal, kantor kerap memiliki acara makan malam atau pesta. Gunakan kesempatan ini untuk bicara atau berkenalan dengan orang-orang kunci yang biasanya sulit diakses. Perkenalkan dirimu dan tanyakan apakah kamu bisa menemuinya di kesempatan lain.

Dibanding melalui surat elektronik, pesta Natal adalah salah satu waktu tepat untuk berkenalan. Apalagi suasana Natal dan tahun baru yang lebih santai membuat seseorang secara psikologis lebih mudah menerima orang-orang baru. Bila mungkin, kamu juga bisa minta nasehat karier pada mereka.

Jalin kembali koneksi lama

Natal juga merupakan waktu terbaik menjalin komunikasi kembali dengan kenalan atau klien lama. Undang mereka makan siang atau minum kopi. Dalam kesempatan ini, diskusi atau tanyakan hal-hal yang membebani pikiranmu. Siapa tahu, kesempatan baru dan menantang datang dari mereka setelah Natal.

Siapkan kartu natal

Siapkan kartu Natal elektronik dengan pesan menyentuh. Langkah ini akan mengingatkan relasi bisnis atau karier mengenai siapa dirimu dan reputasimu.

Siapkan waktu untuk evaluasi karier

Jangan terburu-buru bila kamu merasa tak cocok dengan lingkungan kerja sekarang dan ingin pindah. Ada banyak alternatif sebelum menyebar CV dan resume kerja. Kamu bisa mulai mengobrol dengan bagian personalia untuk melihat adanya kesempatan baru.

Bila ada posisi terbuka, cek semua tanggung jawabnya. Kamu juga bisa mulai membekali diri dengan keterampilan baru untuk menempuh karier yang lebih baik. Atau, kamu juga bisa menambah pekerjaan sampingan atau merintis bisnis di tahun depan.

Memperbaiki CV dan profil LinkedIn

Bila kamu ingin mencoba tanggung jawab baru, kamu bisa menggunakan libur Natal untuk memperbarui CV, resume dan profil LinkedIn. Pastikan juga untuk mengaktifkan fitur Job Search di LinkedIn. Jangan lupa untuk menambahkan pengalaman atau keterampilan baru dalam CV, dan buat CV tak lebih dari dua halaman.

Buat Rencana Aksi

Apapun keputusanmu, membuat rencana karier adalah hal penting. Buat rencana dengan objektif. Tulis semua rencana termasuk kapan dan cara meraihnya.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com