Advertorial

Cara Cerdas George Lucas Cetak Uang dari Star Wars

Kompas.com - 28/12/2017, 20:00 WIB

Sempat diprediksi jadi film gagal, kenyataannya film pertama Star Wars (1977) malah menjadi salah satu film paling sukses sepanjang masa. Bahkan Star Wars akan menjadi waralaba yang tak akan pernah mati.

Awalnya, banyak studio tak menganggap serius film fiksi ilmiah, dan menolak ide cerita Star Wars. Namun, George Lucas malah berhasil mendapat dukungan dari studio 20th Century Fox untuk menggarap film Star Wars pertama berjudul “A New Hope”.

A New Hope” rilis pada 25 Mei 1977 dan menjadi film Star Wars pertama yang mencetak 775,4 juta dollar AS di seluruh dunia. Tapi, bukan angka ini yang benar-benar membuat George Lucas menjadi miliarder. George Lucas menolak bayaran sebagai sutradara Star Wars sebesar 500 ribu dollar AS dari Century Fox. Gantinya, Lucas meminta hak cipta sekuel film dan hak cipta atas penjualan merchandise Star Wars.

Karena yakin Star Wars akan gagal, 20th Century Fox mengabulkan permintaan George Lucas. Sebuah keputusan yang buruk bagi 20th Century Fox namun keputusan cerdas bagi George Lucas.

Pada 1978, sekitar 40 juta karakter Star Wars berhasil terjual lebih dari 100 juta dollar AS. Lalu pada 2011, meski tak ada film Star Wars baru, mainan Star Wars berhasil terjual lebih dari 3 miliar dollar AS. Puncaknya pada 2012, Disney membeli Lucasfilm seharga 4,05 miliar dollar AS. Hal itu menempatkan Geroge Lucas menjadi salah satu orang terkaya di dunia hiburan dengan kekayaan mencapai 5,3 milliar dollar AS.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com