Advertorial

Ingin Liburan di Akhir Tahun? Rencanakan Sejak Jauh Hari

Kompas.com - 29/12/2017, 10:46 WIB

Saat ini, liburan telah menjelma sebagai sebuah kebutuhan tersendiri. Selain rehat dari rutinitas harian, Anda pun dapat berkumpul bersama keluarga atau teman. Terlebih lagi, momen liburan natal dan akhir tahun telah menyapa. Namun, sebelum berlibur, ada baiknya Anda perlu mempertimbangkan beragam hal.

Perencana keuangan dari Money&Love Finacial Planning, Freddy Pielor, menganjurkan agar tidak mudah tergiur dengan paket wisata murah bila Anda belum merancang sebuah liburan. “Sebab, kemungkinan kamu belum menyiapkan dana liburannya,” ungkapnya.

Berangkat dari hal tersebut, biasakan untuk melakukan perencanaan matang sebelum berlibur. Direktur Golden Rama Tours & Travel, Johan Kurniawan, memiliki kiat jitu agar liburan Anda dapat berjalan dengan lancar.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin terkait lokasi liburan. “Browsing destinasi liburan, objek wisata, penginapan, transportasi dan semacamnya,” katanya. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengetahui seluk beluk destinasi liburan untuk menghindari kebingungan ketika sudah sampai di tujuan.

Johan juga berpesan untuk memesan tiket keberangkatan sejauh mungkin sebelum tanggal keberangkatan. Dengan demikian, Anda pun akan berkesempatan lebih besar dalam mendapat harga tiket yang lebih murah.

Selain itu, asuransi menjadi salah satu hal yang wajib Anda sediakan sebelum liburan. Meskipun terkesan sepele, asuransi dapat berperan penting dalam menangani hal-hal terduga selama berlibur di luar kota. “... bisa saja kamu jatuh sakit saat bepergian. Atau mungkin, terjadi bencana alam. Tidak ada yang tahu,” ungkapnya.

Bila memungkinkan, cobalah lakukan pemesanan di kanal luring (offline) atau mengunjungi biro perjalanan terdekat. “Banyak yang menilai bahwa pemesanan paket wisata secara daring (online) lebih murah. Padahal tidak juga. Bisa jadi, penawaran yang ditawarkan di biro perjalanan malah lebih murah. Pemesanan secara daring dipilih karena kemudahan aksesnya,” pungkasnya.

Terakhir, cermati pula berbagai promosi yang tersedia untuk mendapat penawaran transportasi dan akomodasi murah dan terpercaya. “Tunggu promo di libur lebaran atau akhir tahun atau libur panjang akhir pekan. Promo kerap tersedia di tiga bulan sebelum hari keberangkatan,” ungkapnya.

Salah satu yang dapat Anda manfaatkan adalah promo BCA Travel Service. Anda bisa memperoleh cashback Rp 250 ribu bila melakukan reservasi liburan dengan kartu kredit BCA di Golden Rama Tour & Travel.

Nah, tunggu apalagi? Segera persiapkan perjalanan Anda dari sekarang untuk libur akhir tahun yang menyenangkan.

Sumber : smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com