Advertorial

Cuti Melahirkan Selesai, Ini Cara untuk Penuhi Kebutuhan ASI Si Kecil

Kompas.com - 29/12/2017, 11:37 WIB

Saat cuti melahirkan sudah berakhir, banyak ibu yang harus memulai aktivitas bekerja

seringkali kebingungan. Terutama soal nutrisi si bayi yang baru beberapa bulan hadir di dunia.

Kembali menjalani aktivitas sebagai pekerja kantoran, selain mengurangi kesempatan untuk bersama-sama si kecil, membuat ibu kesulitan untuk menyusui langsung si kecil.

Padahal, Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan oleh seorang ibu kepada bayinya yang baru lahir. Sebab, ASI kaya akan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sang bayi. 

Beberapa di antaranya adalah zat antibodi yang mampu menjaga sistem imun sang bayi untuk mencegah berbagai penyakit. Ada juga laktosa yang mampu memberikan energi bagi si kecil. Laktosa dapat membantu penyerapan zat kalsium dan magnesium dalam tubuh si bayi.

Kemudian, kandungan protein yang bermanfaat dalam membangun struktur otak bayi. Kandungan asam amino dari protein ASI juga berperan dalam meningkatkan proses ingatan si kecil. 

ASI juga mengandung lemak dan oligosakarida. Lemak dalam ASI berperan dalam menjaga suhu tubuh si kecil. Selain itu, komponen asam linoleat dan asam alda linolenat juga sangat penting bagi perkembangan otak bayi. Zat oligosakarida berfungsi sebagai prebiotik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan bayi.

Selain itu juga memberikan sebuah kebanggaan ketika bayi bisa tumbuh dan berkembang secara sehat karena nutrisinya tercukupi sejak usia dini. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk ibu yang juga adalah wanita karier untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi terbaik bagi bayinya dari ASI? 

1. Berikan ASI eksklusif lewat ASI perah 

Seorang ibu memiliki dua pilihan dalam memberikan ASI eksklusif, yakni secara langsung dengan menyusui si kecil dan tidak langsung.  ASI dapat diperah dengan menggunakan tangan atau pompa ASI manual maupun elektrik untuk ditampung di wadah penampungan ASI.

Anda bisa memerah ASI di pagi hari sebelum berangkat kerja. Manfaatkan pula ruangan yang laktasi untuk memerah ASI dengan nyaman di kantor. Perhatikan kebersihan tangan sebelum dan sesudah memerah agar ASI terhindar dari bakteri. 

2. Memperhatikan daya tahan ASI 

ASI pada umumnya bisa bertahan selama 4 jam dalam suhu ruangan. Anda bisa menyimpan ASI ke dalam lemari pendingin untuk memperpanjang daya tahan ASI. Jangan lupa cantumkan label tanggal pengambilan ASI perah. Sebab, ASI biasanya hanya mampu bertahan hingga lima hari. 

3. Pilih alat penunjang terbaik 

Proses memerah dan menyusui perlu ditunjang dengan berbagai alat terbaik untuk menjaga kualitas ASI. Salah satunya seperti Philips AVENT, bagian dari Royal Philips yang turut mendukung upaya pemenuhan nutrisi terbaik bagi si kecil melalui ASI eksklusif. 

Melalui kampanye #IbuNyamanASILancar dari Philips AVENT, Anda bisa memperoleh berbagai produk ibu dan anak seperti botol susu, pompa ASI, penghangat botol, sterilizer, dan alat pembuat MPASi. Mengenai pilihan pompa ASI, Philips AVENT telah menyediakan pompa ASI manual dan elektrik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Pilihan untuk menggunakan pompa ASI dari Philips AVENT bisa jadi salah satu solusi untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil. Anda bisa tetap memerah ASI secara nyaman dan praktis saat tidak bersama dengan si kecil. Kebutuhan ASI si kecil pun akan tetap tercukupi untuk menunjang pertumbuhannya yang sehat.

Philips AVENT juga menyediakan beragam pilihan dot bayi, di antaranya dot natural dan classic untuk mendukung aliran ASI bagi si kecil sejak bulan pertama hingga enam bulan ke atas. Sementara itu Philips AVENT juga menyediakan empeng bebas BPA untuk menenangkan dan memberikan kenyamanan si kecil. 

ASI juga harus disimpan dengan baik agar tetap steril. Philips AVENT menyediakan alat steril uap elektrik 2 in 1 yang mudah digunakan untuk mensterilkan botol standar dan berleher lebar dengan satu langkah mudah karena mampu membunuh 99,9 persen kuman berbahaya. Desainnya bisa menampung lima botol ASI Philips AVENT dan mensterilkan alat menyusui seperti botol dan pompa hanya dalam 10 menit. 

Philips AVENT juga menyediakan tiga variasi gelas minum ASI bagi si kecil untuk rentang usia sembilan bulan ke atas. Info detail mengenai produk Philips AVENT bagi ibu dan anak, klik di sini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com