Advertorial

Baleno Hatchback, Mobil dengan Harga di bawah Rp 200 Juta yang Worth to Buy

Kompas.com - 29/12/2017, 21:48 WIB

Baleno bisa dibilang sebagai ‘mainan’ baru yang dibawa Suzuki ke pasar otomotif tanah air. Baleno baru diluncurkan pada tahun 2017 pada pagelaran otomotif GIIAS 2017 di ICE BSD, Tangerang.

Dari awal peluncurannya, Baleno berhasil menarik perhatian konsumen. Bahkan pada acara Sunday Test Drive yang diadakan oleh Otomotif Kompas.com bersama PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)yang diadakanpada Minggu(17/12/17) di The Den of Kalaha, Kuningan, Jakarta Selatan kemarin, antusiasme peserta terhadap mobil ini sangat terlihat. Baik pada saat test drive dan juga ketika sharing.

Betapa tidak, selain baru produk anyar Suzuki ini membawa konsep baru dalam industri otomotif. Nama Baleno sendiri memang tidak seperti Ignis yang betul-betul baru, melainkan sudah dikenal sejak tahun 1996. Namun Baleno yang dikenal sebelumnya berbentuk sedan.

Baleno Hatchback ini bisa dibilang reinkarnasi dari Baleno sedan. Reinkarnasi ini kemudian melahirkan sebuah kendaraan dengan ruang yang lebih lapang daripada kelas hatchback lainnya.

General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Ryohei Uchiki menjelaskan bahwa Suzuki mempunyai satu filosofi untuk membawa produk yang bernilai dari sudut pandang konsumen. Terobosan yang dihadirkan pada Baleno ini juga dimulai dari feedback konsumen, yaitu keinginan konsumen atas sebuah mobil hatchback (5 penumpang) namun dengan ruang yang cukup luas.

“Dari feedback, kita mengetahui bahwa konsumen Indonesia beragam. Banyak konsumen yang menyukai mobil jenis MPV (7 penumpang). Namun ada juga yang menginginkan mobil yang cukup dengan 5 penumpang tetapi tidak terlalu kecil,” jelas Uchiki pada sela-sela acara.

Kaya akan fitur

Seri terbaru dari Baleno ini dikenal sebagai mobil yang bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 200 juta yang memiliki segudang fitur. Mobil ini memang dilengkapi berbagai teknologi unggulan, mulai dari platform heartect, total effective control technology (TECT) body, keyless entry, sampai fitur isofix.Berbagai fitur yang disematkan di dashboard juga mumpuni untuk memberikan kenyamanan pengendara. 

Agung, salah seorang peserta Sunday Test Drive yang datang dari Tanjung Priok itu berpendapat bahwa fitur-fitur yang disediakan Baleno akan berguna untuk kesehariannya yang mobile dengan kondisi jalanan ibukota. 

“Yang paling enak dari fitur-fiturnya untuk jalanan di Jakarta ini jelas dari (kontrol) setirnya. Semua sudah komplit. Sudah ada steering kontrol audio, untuk koneksi handphone dengan bluetooth jadi bisa angkat telepon dari setir juga. Untuk orang yang mobile kayak gue sangat kepake lah.,” ujarnya.

Senada dengan Agung, Irfan yang juga merupakan seorang peserta lainnya juga berpendapat bahwa mobil ini memiliki banyak fitur. Terlebih lagi harganya yang di bawah Rp 200 juta membuat Baleno Hatchback ini layang dikatakan worth to buy.

Dari pengalaman test drive yang dirasakan oleh Irfan menggunakan Baleno Hatchback yang tipe manual, ia mengaku bahwa mobil ini tidak seperti mobil manual konvensional lainnya. Menggunakan sistem kopling hirdrolik,

“Menurut gue manualnya enak banget, smooth, dan kalau buat macet-macetan di Jakarta, itu kaki lu nggak pegal,” ungkapnya.

Selain nyaman dibawa, Agung juga menyukai desainnya yang simpel, dan handling-nya yang oke. Ia membandingkan dengan mobil lain yang juga berada di kelas hatchback dan menurutnya Baleno Hatchback ini jauh lebih enak.

“Kalau lo sekedar cari mobil yang nyaman, aman, irit, dan enak dikendarai dengan harga di bawah Rp 200 juga, gue sarankan lo pilih ini. karena ini worth to buy,” tutupnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com