Advertorial

BRIZZIARTCYCLING 2017, Promosi Indonesia Melalui Paduan Olahraga, Teknologi, dan Seni

Kompas.com - 03/01/2018, 12:23 WIB

BRIZZIARTCYCLING 2017 resmi berakhir. Kegiatan lomba bersepeda unik dan pertama di dunia ini membuktikan bahwa teknologi digital dapat menjadi salah satu sarana dalam mempromosikan Indonesia.

"Sejak awal, BRIZZIARTCYCLING kami rencanakan sebagai wadah masyarakat ikut partisipasi mempromosikan Indonesia dengan cara yang unik melalui teknologi digital. Kali ini dengan mengajak masyarakat bersepeda, membentuk jalur yang menghasilkan gambar bertema Indonesia, dan menceritakannya ke dunia," papar Sekjen MIKTI, M. Andy Zaky dalam jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu, 20 Desember 2017.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut Asdep Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Tasbir Abdullad, VP Marcom Bank BRI Prilly Savitri, dan Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sungkari.

Dalam BRIZZIARTCYCLING 2017, para peserta cukup menggunakan aplikasi yang telah disediakan panitia, kemudian bersepeda sesuai jalur yang direncanakan di kotanya masing-masing. Peserta pun ditantang untuk menghasilkan gambar sekreatif mungkin bertema Pesona Indonesia.

Asdep Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, Tasbir Abdullah, turut mengapresiasi penyelenggaraan BRIZZIARTCYCLING 2017. Menurutnya, kegiatan yang memadukan sport tourism dengan teknologi digital inimampu mendorong masyarakat untuk mencintai wisata di dalam negeri.

Digital tourism merupakan satu di antara tiga program unggulan Kemenpar. Dalam program ini, Kemenpar mendorong daerah melakukan promosi destinasi wisata mereka melalui digital promotion yang memiliki jangkaun luas dan global,” jelas Tasbir.

Ia pun mengatakan bahwa tahun ini, pemerintah menargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air. Pada tahun 2018, target tersebut meningkat menjadi 17 juta wisman dan 270 juta wisnus.

Bank BRI meyakini bahwa dukungan terhadap BRIZZIARTCYCLING 2017 mampu mendorong lebih banyak lagi inisiatif kolaborasi antara olahraga, teknologi, seni, dan pariwisata.

- -

“Kami memiliki keyakinan bahwa masyarakat semakin kreatif menggunakan teknologi digital. Bank BRI pun bertransformasi mengikuti perkembangan tersebut. Melalui dukungan ini, kami berharap dapat membawa Bank BRI semakin dekat  dengan masyarakat yang kian dinamis. Terlebih lagi, kegiatan ini juga mendukung potensi pariwisata Indonesia agar semakin mendunia,”papar Direksi BRI, Handayani.

Pada batas akhir pendaftaran, panitia lomba telah menerima lebih dari 500 peserta yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia. Menariknya, mereka berasal dari berbagai kalangan seperti pelajar, komunitas pesepeda Bike To Work, komunitas kreatif DILo, dan mahasiswa. Karya-karya grafis yang dihasilkan para peserta pun kreatif dan unik sesuai tema, mulai dari gambaran Lutung Jawa, Kopiah Aceh, hingga Kapal Pinisi.

50 karya grafis terbaik akan ditampilkan dalam laman resmi BRIZZIARTCYCLING.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com