Kilas

Pendaftaran Pilkada Jatim Siap Dibuka, Ipul-Anas Tunggu Perintah Kiai

Kompas.com - 04/01/2018, 13:46 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan membuka pendaftaran pasangan yang akan bertarung di Pilkada Jawa Timur pada Senin (8/1/2017) pekan depan.
 
Pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas belum menentukan jadwal kapan akan mendaftar. 
 
Ipul-Anas yang diusung PDIP dan PKB itu berkilah masih menunggu petunjuk para kiai yang saat ini masih melakukan istikharah atau meminta petunjuk kepada Allah untuk waktu mendaftar yang paling tepat.
 
"Kami masih menunggu hasil istikharah para kiai agar mendapat barokah dan diridhoi Allah SWT," ujar Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Azwar Anas, Hikmah Bafaqih dikonfirmasi Rabu (3/1/2018).
 
Menurut dia, petunjuk dari Allah SWT sangat dibutuhkan agar langkah yang dilakukan ke depan tidak keliru,  sehingga cita-cita mampu terwujud sesuai harapan.
 
"Terpilihnya Gus Ipul - Azwar Anas ini kan juga sesuai aspirasi kiai-kiai sepuh di Jatim, nama pasangan Gus Ipul - Azwar Anas juga hasil istikharah para kiai," ucap Ketua Pengurus Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama tersebut.
 
Terpisah, Gus Ipul mengaku menyerahkan sepenuhnya persiapan pendaftaran kepada tim, termasuk teknis pendaftaran yang akan dilakukan. "Sampai sekarang belum ada kepastian hari H kami mendaftar. Yang pasti kami menunggu hasil istikharah para kiai," ucap Wakil Gubernur Jawa Timur ini.
 
Masa kampanye sendiri akan dimulai pada 15 Februari 2018 dan masa tenang dan pembersihan alat peraga akan dimulai pada 24 Juni 2018.
 
Adapun pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018 sendiri akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Sedangkan rekapitulasi akan dilaksanakan pada 28 Juni 2018. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ACHMAD FAIZAL)
 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com