Advertorial

Tokopedia Menyediakan Laman Khusus Kabupaten Belitung

Kompas.com - 10/01/2018, 11:16 WIB

Belitung, 8 Januari 2018 – Tokopedia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung telah meluncurkan Laman Kabupaten Belitung. Sebelumnya Tokopedia juga sudah meluncurkan Laman Kota Bandung, Semarang, Jakarta, dan Palembang. Halaman tersebut khusus bagi UMKM yang terintegrasi dengan Tokopedia dan sudah bisa diakses sejak 8 Januari 2018.

Penandatanganan nota kesepahaman halaman khusus pembuatan laman tersebut dilakukan oleh Bupati Belitung Sahani Saleh dan CEO Tokopedia Leontinus Alpha Edison, bertempat di BW Suite Belitung yang juga disaksikan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan pada Hari Sabtu, tanggal 9 Desember 2017.

Sahani mengungkapkan bahwa kerja sama ini adalah langkah terobosan positif yang dilakukan Pemkab Belitung untuk membantu pemasaran produk UMKM pada skala nasional agar siapa saja dapat membeli produk UMKM Belitung di mana pun juga. Sementara menurut Leon, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi mencapai 58 persen terhadap GDP Indonesia.

Sayangnya kebanyakan UMKM masih offline, sementara pengguna internet di Indonesia kini mencapai lebih dari 100 juta orang sehingga menjadi pasar yang sangat menjanjikan. Leon menambahkan bahwa UMKM tersebut tidak sekadar butuh akses ke pasar, tetapi juga pelatihan sehingga produknya memiliki daya saing, akses ke infrastruktur, dan tidak jarang akses ke permodalan. Oleh karena itu, kerja sama dengan Pemkab Belitung ini akan menjadi solusi hulu ke hilir.

Tokopedia sendiri berinisiatif menyediakan laman kota atau kabupaten untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital. Hal tersebut sekaligus menunjang misi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 dengan target pasar sebesar 130 miliar dollar AS.

Leon mengatakan bahwa inisiasi laman kota atau kabupaten di tokopedia memang bersinergi dengan program pemerintah. Program tersebut seperti Ekonomi Inklusif dengan Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian sebagai penggagasnya dan program 8 juta UMKM Go Online yang digalakkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia.

Septriana Tangkary sebagai Direktur Pemberdayaan Industri Informatika juga mengatakan bahwa Kemkominfo dan Pemkab Belitung bekerja sama dengan Tokopedia membuat Laman Belitung guna menggerakkan UKM di Belitung untuk go online. UMKM sendiri diharapkan mampu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan prediksi meningkatkan PDB Indonesia hingga 10 persen jika tercapai 8 juta UMKM yang go online pada tahun 2020.

Sementara di sisi lain, Leon menegaskan bahwa kerja sama tersebut hanya awal dari masa depan open government yang transparan, cshless society yang penuh kemudahan, dan smart city berbasis big data.

Ia membayangkan kemudahan saat subsidi pemerintah bisa dimonitor secara real time, atau kemudahan hidup bersifat cashless society seperti pembayaran uang sekolah, SIM, dan tilang yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sampai pada pemanfaatan big data dari transaksi jual-beli online yang terjadi di suatu wilayah untuk lebih tepat sasarannya pengambilan keputusan.

Leon pun menjelaskan bahwa melalui big data Tokopedia, Pemkab Belitung bisa menganalisa produk asal Belitung mana yang diminati masyarakat Indonesia dan masyarakat Belitung sendiri. Hal itu bisa digunakan untuk pengambilan keputusan seperti mendorong sektor UMKM guna mengurangi ketergantungan Kabupaten Belitung terhadap produk impor, atau inisiatif lain untuk mendukung sekaligus memajukan perkembangan UMKM dan ekonomi inklusif.

Tentang Tokopedia

Tokopedia adalah perusahaan marketplace terbesar di Indonesia yang memiliki misi pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia ingin memastikan siapa pun dapat menikmati pengalaman belanja online yang transparan, efisien, dan aman, serta mewujudkan mimpinya membangun bisnis mulai dari Tokopedia. Kini, telah lebih dari 2,6 juta penjual yang menciptakan peluang bisnisnya bersama Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com