Kilas

Gus Ipul : Parpol Pengusung Kompak dan Saling Melengkapi

Kompas.com - 11/01/2018, 20:11 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Empat partai koalisi pengusung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarnoputri di Pilkada Jawa Timur (Jatim) disebut kompak dan saling melengkapi. Mereka memiliki cara sendiri untuk memenangkan Gus Ipul - Puti.

"Alhamdulillah seluruh parpol pengusung kompak. Mereka telah memiliki beberapa strategi pemenangan yang akan berjalan beriringan dan saling melengkapi," kata Gus Ipul, Kamis (11/1/2018)

Kata Gus Ipul, PKB, PDI-P, PKS, dan Partai Gerindra baik tingkat DPP hingga DPC bahkan sampai tingkat kecamatan telah kompak bergerak.

"Ini adalah koalisi tulus iklas dan saling mendukung dan berkoalisi diantara partai dan juga dengan calon. kami bergerak bersama saling mendukung untuk kepentingan bersama dengan kemajuan Jawa Timur," ujar Gus Ipul.

Partai koalisi menurutnya telah bergerak bersamaan dengan tim relawan dari beragam kelompok masyarakat, serta tim resmi yang didaftarkan ke KPU, yang di dalamnya merupakan gabungan antar partai politik dan relawan.

"Kepentingan bersama untuk membangun Jawa Timur merupakan energi bersama yang menggerakkan parpol koalisi dan para relawan," kata Gus Ipul.

Pasangan Gus Ipul-Puti disebut  merepresentasikan kekuatan religius agamis dan nasionalis yang telah lama berdampingan di Jawa Timur.

Di Pilkada Jatim, pasangan Gus Ipul - Puri didukung PKB (20 kursi), PDI-P (19 kursi) PKS (6 kursi), dan Gerindra (13 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 58 kursi.

Pasangan ini akan melawan pasangan Khofifah Indar Parawansah - Emil Elistyanto Dardak yang diusung Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (2 kursi), dan PAN (7 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen sebanyak 42 kursi. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ACHMAD FAIZAL)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com