Advertorial

Membaiknya Konsumsi Masyarakat

Kompas.com - 15/01/2018, 17:12 WIB

Konsumsi rumah tangga diperkirakan akan kembali pulih pada tahun ini. Sejumlah indikator menunjukkan adanya peningkatan optimisme konsumen yang terlihat dari kenaikan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) pada Desember 2017 ke 126,4 poin. Hal ini didukung oleh adanya perbaikan makro ekonomi serta kebijakan pemerintah untuk memberikan stimulus kepada masyarakat.

Konsumsi rumah tangga merupakan faktor penting yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017. Pada kuartal III, pertumbuhan PDB sebesar 5,06 persen lebih rendah dari target Bank Indonesia yaitu sebesar 5,18 persen. Rendahnya pertumbuhan tercermin dari tingkat konsumsi rumah tangga yang turun menjadi 4,93 persen dibandingkan 4,95 persen pada kuartal II tahun 2017. Terlebih kenaikan tarif listrik pada Januari dan Mei turut memengaruhi tingkat konsumsi masyarakat.

Namun kondisi ini diperkirakan membaik pada 2018. DBS Group Research memprediksi ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,3 persen pada 2018. Angka ini lebih tinggi dari prediksi pertumbuhan PDB sebesar 5,1 persen pada 2017. “Pertumbuhan ekonomi 2018 terutama akan didorong oleh peningkatan investasi di dalam negeri,” kata Tiesha Putri dan Victor Stefano dalam laporan bertajuk “ASEAN Consumer: Food for Thought” yang terbit pada 20 Desember 2017.

Investasi swasta diandalkan dengan terbatasnya ruang fiskal pemerintah. Undang-undang mengatur pembatasan defisit anggaran maksimal tiga persen dari PDB. Diperkirakan defisit akan mencapai 2,6 persen pada 2018 sehingga lebih tinggi dari perkiraan pemerintah sebesar 2,2 persen. DBS Group Research memperkirakan kenaikan defisit terutama didorong oleh potensi penerimaan pajak yang lebih rendah dari target.

Pemerintah mengalokasikan anggaran belanja sebesar Rp 2.221 triliun pada 2018. Meski hanya meningkat sekitar empat persen dari tahun sebelumnya, pemerintah diperkirakan cenderung lebih populis dengan memberikan sejumlah stimulus fiskal untuk menjaga konsumsi kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Anggaran subsidi energi dinaikkan sebesar lima persen menjadi Rp 94,5 triliun. Pemerintah juga menyatakan tidak akan menaikkan tarif listrik pada tahun ini.

Selain itu anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) yang bisa digunakan warga untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari juga melonjak dari Rp 1,7 triliun yang mencakup 6 juta keluarga sasaran pada 2017 menjadi Rp 20,8 triliun untuk 10 juta keluarga pada 2018.

PKH merupakan program yang memberikan bantuan dana kepada keluarga miskin mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3,6 juta per tahun. Program ini selain untuk mengurangi angka kemiskinan juga diharapkan mampu memperbaiki daya beli konsumen, terutama untuk segmen menengah ke bawah.

“Dengan pemerintah yang cenderung lebih populis disertai kenaikan upah minimum regional, kami memprediksikan tingkat konsumsi rumah tangga secara berkala akan meningkat,” papar Tiesha dan Viktor

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com