Advertorial

Merasakan Kenyamanan Khas Jepang di Kabin Kelas Ekonomi JAL

Kompas.com - 29/01/2018, 18:51 WIB

Pengalaman menempuh perjalanan panjang menggunakan pesawat seringkali tidak seindah yang dibayangkan oleh banyak pelancong. Terutama mereka yang memilih duduk di kelas ekonomi.

Tidak dapat dimungkiri bahwa penerbangan kelas ekonomi selalu identik dengan terbatasnya ruang gerak yang mempengaruhi kenyamanan. Jarak antar kursi yang dekat membuat kaki tidak memperoleh ruang yang cukup dan merebahkan sandaran kursi menjadi sulit.

Namun, pengalaman tidak menyenangkan di kelas ekonomi tidak akan dialami oleh penumpang Japan Airlines atau yang biasa dikenal dengan akronim JAL. Maskapai penerbangan asal negeri sakura tersebut menghadirkan kenyamanan premium bagi penumpang kelas ekonominya.

JAL berbeda dengan maskapai penerbangan pada umumnya yang cenderung melakukan penambahan jumlah kursi pada kelas ekonomi, agar lebih banyak penumpang terangkut. Demi kenyamanan selama penerbangan, JAL malah mengurangi jumlah kursi di kelas ekonomi untuk menciptakan ruang gerak lebih bagi penumpang.

Hal ini sejalan dengan spirit dan filosofi kesenian Jepang. JAL ingin membuat penerbangan ekonominya menjadi sebuah ruangan yang nyaman bagi penumpang. Baik melaui suasana yang dibangun maupun layanan di dalam kabinnya. Selama perjalanan penumpang layaknya sedang berada di dalam ruang minum teh tradisional Jepang yang tenang.

Penumpang di kelas ekonomi JAL juga dimanjakan dengan kenyamanan kursi khusus yang dibuat dengan kesempurnaan, presisi, dan keahlian khas Jepang. Setiap lekukan disesuaikan dengan tubuh agar posisi duduk selama perjalanan tetap nyaman.

JAL memiliki dua jenis kursi untuk penumpang terbaik di kelas ekonomi yaitu JAL Sky Wider dan JAL Sky Wider II yang diciptakan khusus untuk kelas ekonomi pada pesawat JAL Boeing 787 (*).

Keduanya didesain dengan dimensi yang lebih ramping 3 sentimeter dari kursi penumpang pada umumnya. Jarak antar baris kursi pun ditambah 7 sentimeter. Alhasil, ruang untuk mengistirahatkan kaki bertambah 10 sentimeter lebih luas.

Selain itu, setiap kursi JAL Sky Wider juga dilengkapi dengan ruang khusus untuk menyimpan tas di bawahnya agar tidak mengganggu pergerakan kaki. Sementara pada Boeing 787 yang menggunakan JAL Sky Wider II, jarak antar baris kursi ditambah 5 sentimeter.

Kursi JAL Sky Wider II juga memiliki kelebihan lain yaitu lebih lebarnya jarak antar armrest. Kursi ini didesain dengan jarak antar armrest kiri dan kanan selebar 48 sentimeter. Pergerakan lebih leluasa, dan penumpang bisa beristirahat dengan nyaman selama perjalanan.

Baik JAL Sky Wider maupun JAL Sky Wider II dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti stop kontak dan USB port. Penumpang dapat menikmati perjalanan sambil bekerja dengan laptop atau mengisi daya baterai ponsel.

Agar penumpang tidak bosan, kursi juga dilengkapi fitur in-flight entertainment berupa layar sentuh berukuran 10,6 inchi dan lubang untuk earphone. Selain itu ada juga keranjang untuk menyimpan botol air minum, dokumen perjalanan, atau paspor.

Inovasi dalam desain dan kelengkapan fitur mengantar JAL Sky Wider dan JAL Sky Wider II, serta layanan terbaik membuat penerbangan kelas ekonomi  JAL memperoleh pengakuan sebagai salah satu yang terbaik versi Skytrax.

Pengakuan ini diberikan Skytrax setelah melakukan survei tahunan mengenai kepuasan penumpang.  Survei ini dilakukan secara independen oleh Skytrax.

Dalam survei, Skytrax mengajukan sejumlah pertanyaan kepada penumpang penerbangan rute internasional JAL mengenai kualitas kursi penumpang, in-flight meal, layanan staff dalam kabin pesawat, in-flight entertainment, hingga elemen-elemen lain yang berkontribusi pada kenyamanan perjalanan.

Klik di sini untuk menelaah lebih lanjut mengenai kenyamanan khas Jepang di kabin penerbangan ekonomi JAL.

 

(*)JAL Sky Wider II hanya tersedia pada beberapa rute tertentu

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com