Advertorial

Optimalkan Taman, Pemerintah Kota Surabaya Beri Layanan Pengobatan Gratis

Kompas.com - 30/01/2018, 10:44 WIB

Pemerintah Kata Surabaya melalui Dinas Kesehatan telah melakukan optimalisasi pemanfaatan  Taman Lansia yang terletak di jalan Kalimantan dan Taman Paliatif yang terletak di jalan Kesumba melalui kegiatan pengobatan gratis kepada para lansia dan kegiatan hiburan bagi pengidap kanker.

Kepala Dinas Kesehatan  Drg. Febr a Rachmanita menjelaskan bahwa taman lansia menjadi  pos pelayanan tepadu di Kata Surabaya dengan bekal edukasi terkait kesehata n lansia. Termasuk hiburan, seperti permainan catur, senam lalu melakukan pemeriksaan kesehatan dan lab secara gratis untuk mendeteksi penyakit tidak menular secara dini.

"Jika dalam pemeriksaan kesehatan dan  lab ditemukan penyakit seperti hipertensi atau kolestrol tinggi langsung  kita konsultasi kan  ke puskesmas terdeka t dari rumah pengunjung agar segera tertangani,"  ka ta  Febria  di Kant or Humas Pemkot Surabaya, Rabu, (17/1/2018).

Sedangkan untuk Taman Paliatif, selain sebagai taman bagi pasien-pasien kanker yang dalam konsisi stabil, Wali Kata Surabaya ingin menghibur anak-anak dan orang dewasa pengidap  kanker  melalui berbagai macam  kegiatan hiburan seperti musik dan permainan  sulap.

Selama  berlangsungnya   acara ini, warga  Surabaya memberi kan respon dan antusias positif. Kegiatan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 6-9 pagi tersebut terbukti, berhasil menarik   pengunjung taman lansia dan tama dan paliatif.

"Total sejak bulan november ­ desembe r 2017 jumlah pengunjung yang diperiksa di taman lansia sebanyak 2.015, sedangkan pengunjung d i taman paliatif sebanyak 1.012," terang perempua n berkacamata  ini.

Fenny - panggilan akrabnya menambahka n , tingginya animo jumlah pengunjung yang ingin melakukan  pengobatan gra tis ditaman lansia dan pengunjung di taman latif tidak lepas dari apiknya koordinasi antar OPD Pem kot Surabaya yang sebagian besar dilibatkan dalam kegiatan ini.

Terkait  sosialisasi  kepada warga agar mengetahui kegiatan pengobatan  gratis  di taman lansia serta acara hiburan  bagi  pengidap  kanker  di taman paliatif, Fenny mengatakan, itu merupaka n tugas kecamatan dan kelurahan untuk langsung menyampaikan kepada warga,   bisa melalui acara rapat RT/RW mau pu n secara langsung.

Salah satu respon positif dari warga, Ulfa (48), yang mengaku senang karena pemkot menye diakan fasilitas pemeriksaan kesehatan secara gra tis bagi warga sura baya. "Saya tahu pemeriksaan gratis dari  teta ngga,  lalu mencoba datang . Alhamdulillah pelayanannya baik dan cukup memuaskan," tutur warga Gubeng ini, di taman lansia, Sabtu  (27/1/2017).

Ke depan , Ulfa berharap pemeriksaan gratis di taman lansia terus diadakan. Karena, fasilitas semacam ini sangat dibutuhkan warga surabaya khususnya membantu  warga dari sisi ekonomi. "Kalau ke dokter kan mahal, sementara disini kan gratis, cocok  untuk warga yang ekonominya menengah ke bawah," ujarnya sambil tersenyum .

Hal senada dilontarkan Mulyono (70) warga ambengan yang  merasa  terbantu  dengan adanya pemeri ksaan gratis yang disediakan pemkot.  Dia mengatakan, selain gratis, pemeriksaan yang   dilakukan teman - teman puskesmas sangat baik. "Sabtu kemarin saya sudah eek darah tinggi, kolestro l sama lambung, hasilnya baik dan obat yang dikasih juga manjur. Hari ini mau ceksaja; tutup Mulyono.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com