Advertorial

Mengintip Pabrik Xpander dan Pajero Sport, Dapur Lokal Berkualitas Global

Kompas.com - 12/02/2018, 11:57 WIB

Tahun 2017 bisa dibilang merupakan tahun yang manis bagi Mitsubishi Motors Indonesia. Keberaniannya menjadi penantang di segmen mobil small multi purpose vehicle (Small MPV) dengan meluncurkan Mitsubishi Xpander terus membuahkan hasil. Sejak diluncurkan pada September 2017 lalu, lebih dari 50 ribu unit Xpander berbagai tipe telah dipesan oleh konsumen. Kyoya Kondo, Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia pun menyatakan pencapaian tersebut merupakan salah satu catatan baik di tahun 2017.

Sambutan positif terhadap Small MPV pertama Mitsubishi ini bisa dibilang fenomenal. Tak hanya dari konsumen, ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) pun langsung mengganjar Xpander empat bintang  dengan skor keseluruhan 71,66 poin. Peringkat ini diberikan berdasarkan beberapa kategori penilaian, yakni Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), Perlindungan Anak (Child Occupant Protection), dan Safety Assist Technology.

-- -

Predikat ini tentu tak sembarangan diberikan, perlu kerja keras dan konsistensi untuk menjaga kualitasnya. Agar publik tak penasaran, PT. Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengajak para jurnalis, bloggers, dan komunitas pecinta kendaraan Mitsubishi untuk berkunjung ke pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang yang merupakan tempat perakitan Xpander. Kompas.com dan jaringan bloggers-nya pun menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan kesempatan tersebut pada Rabu (7/2/2018) lalu.

Kedatangan para pengunjung di pabrik seluas 51 hektar itu disambut hangat oleh jajaran pimpinan Mitsubishi Motors Indonesia. Di pabrik inilah dua jagoan Mitsubishi, Xpander dan Pajero Sport diproduksi. Kapasitas produksinya mencapai 160 ribu unit per tahun, dimana setengahnya merupakan produksi Xpander. Selain untuk permintaan pasar dalam negeri, rencananya Xpander yang diproduksi di fasilitas ini akan diekspor ke beberapa negara seperti Thailand dan Filipina.

-- -

Fasilitas produksi yang terletak di kawasan industri GIIC Deltamas ini mengusung “New Plant Concept” dengan mengutamakan konsep High Quality & Reliable Product dan Environmentally Friendly. Dengan kata lain, setiap unit yang diproduksi dipastikan berkualitas prima dan dapat diandalkan, tetapi tanpa mengabaikan faktor lingkungan. Konsep ini diterapkan hingga ke area perkantorannya dengan mengaplikasikan konsep “Omotenashi” yang memaksimalkan penerangan dengan lampu LED dan cahaya matahari.

Puncak keseruan kunjungan ke dapur Mitsubishi Motors Indonesia terjadi saat pengunjung diajak melihat langsung proses produksi. Rombongan  sukses dibuat kagum dengan kecanggihan dan ketelitian para pekerja dalam proses perakitan. Proses Stamping, Welding, Painting, hingga Assembling dilakukan dengan mengkombinasikan kecanggihan robot dan ketelitian tenaga pekerja yang terlatih. Siapa sangka kesempurnaan kendaran roda empat ini tak lepas dari campur tangan langsung putra-putri Indonesia sendiri.

-- -

Salah satu blogger pun mengungkapkan antusiasmenya perihal kunjungan ini, terlebih saat melihat sendiri proses perakitan yang dilakukan oleh para pekerja.

“Saat di bagian assembling, di antara banyak pekerja laki-laki, ada pekerja perempuan di sana. Mitsubishi memberikan kesempatan yang sama untuk bekerja, baik itu laki-laki atau perempuan. Itulah keramahan dan etos kerja yang cukup membuat saya kagum,” tutur Fawwaz, blogger yang sehari-hari mengasuh www.purapuranulis.blogspot.com.

-- -

Dalam kesempatan ini pula, para pengunjung dipersilahkan untuk merasakan sensasi mengendarai Xpander dalam sesi test drive. Antusiasme masyarakat terhadap kehadiran Xpander menjadi cambuk bagi Mitsubishi Motors Indonesia untuk terus memberikan yang terbaik. PT MMKI pun terus meningkatkan total produksinya sebagai wujud komitmen untuk memenuhi peningkatan pengiriman unit Xpander kepada konsumen. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com