Kilas

Ada 40 Ton Beras di Pasar Murah Serentak Semarang, Mau?

Kompas.com - 14/02/2018, 18:03 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Warga Semarang silakan tunggu tanggal 19 Februari 2018. Pada kesempatan itu, kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi akan diselenggarakan pasar murah serentak di 16 tempat.

"Kami sudah siapkan 40 ton beras dengan harga murah untuk didistribusikan kepada masyarakat, di samping gula pasir, minyak goreng, dan telur ayam," jelas pria yang karib disapa Hendi itu pada Rabu (14/2/2018) di Hotel Gumaya Semarang saat hadir pada Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDI-P) Jawa Tengah hari ini.

Adapun, 16 tempat penyelenggaraan pasar murah tersebut adalah di Balai Kelurahan Krobokan, Balai Kelurahan Kuningan, Balai Kelurahan Peterongan, Balai Kelurahan Bugangan, Balai Kelurahan Bendan Duwur, Balai Kelurahan Gemah, Balai Kelurahan Sendangguwo, Balai Kelurahan Trimulyo, Balai Kelurahan Wonosari, Balai Kelurahan Gayamsari,  Balai Kelurahan Srondol Wetan, Balai Kelurahan Mangkang Kulon, Balai Kecamatan Semarang Tengah, Balai Kecamatan Mijen, Balai Kecamatan Candisari, dan aula Kecamatan Gunungpati.

Teknis

Pelaksanaan pasar murah, imbuh Hendrar, dimulai pada pukul 09.00 WIB. Masyarakat pemegang kupon disediakan paket bahan pangan dengan harga Rp 50.000. Harga semula paket itu adalah Rp 114.500.  

"Harapannya pasar murah yang dilakukan secara serentak ini dapat meringankan beban masyarakat, serta dapat optimal menekan inflasi yang terjadi di Kota Semarang", tambahnya.

Terkait pelaksanaa pasar murah, Hendi berpesan kepada masyarakat untuk dapat mejaga ketertiban. "Tentu saja saya berpesan agar ketertiban dalam pelaksanannya dapat terjaga, jangan sampai karena terlalu antusias lalu ada kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan, untuk itu juga saya sudah minta kepada teman-teman di lapangan untuk mengatur pembagiannya dalam beberapa kelompok", tutur Hendi.

Salah seorang camat di Kota Semarang yang akan membantu pelaksanaan pasar murah tersebut, Ronny Tjahjo Nugroho menuturkan akan mulai membagikan kupon kepada masyarakat di Kecamatan Gunungpati pada hKamis (15/12/2018).

"Di Kecamatan Gunungpati ada 500 kupon yang dibagikan, dan untuk penukaran kuponnya sendiri pada hari pelaksanaan akan kami bagi dalam 4 kelompok, untuk setiap kelompoknya perkiraan kami dapat terlayani dengan tertib dalam waktu sekitar 1 jam," demikian penjelasan Ronny yang juga Camat Gunungpati itu. (Humas Pemkot Semarang)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com