Advertorial

Tidak Ingin Tagihan Kartu Kredit Menumpuk? Ikuti Tips Ini

Kompas.com - 21/02/2018, 11:25 WIB

Banyak orang kini memandang kartu kredit sebagai produk perbankan yang memudahkan kehidupan. Pemiliknya dimanjakan dengan kepraktisan transaksi. Tinggal gesek, masukkan PIN, transaksi selesai. Aman dan tidak melibatkan banyak uang tunai.

Namun, perlu diingat bahwa kartu kredit harus digunakan secara bijak dan Anda sebagai pemilik juga harus teliti soal bayar-membayar tagihan. Jika tidak, kartu kredit malah akan menambah beban finansial.  Tagihan menumpuk  dan Anda terbelit utang. Nah, jika tidak ingin hal tersebut terjadi ikuti tips berikut.

1. Utang kartu kredit harus lebih kecil dari penghasilan

Biasakan untuk mengukur kemampuan finansial Anda sebelum menggesek kartu kredit. Jangan terlena berbelanja untuk keperluan konsumsi dan bersenang-senang.  Kendalikan diri dan pastikan nominal utang kartu kredit Anda masih dapat terbayar dengan penuh menggunakan penghasilan yang diterima per bulan.

2. Jangan biasakan hanya membayar biaya minimum

Ketika tidak mampu membayar penuh tagihan, jangan berpikir dengan membayar biaya minimum Anda sudah aman. Membayar biaya minimum akan menyisakan utang yang akan ditagihkan di bulan berikutnya beserta dengan bunga. Nominalnya akan bertambah besar.

3. Jangan tunda bayar tagihan

Telat bayar berarti Anda siap menanggung denda. Selain membuat tagihan bulan berikutnya bengkak, riwayat kredit Anda jadi kurang baik. Akibatnya ketika Anda ingin punya kartu kredit baru atau mengajukan pinjaman prosesnya akan lebih sulit.

4. Catat tanggal tagihan dan jatuh tempo

Meski terdengar sepele dua hal ini punya dampak yang cukup merugikan. Agar aman, Anda sebaiknya meminta agar tagihan bulanan dikirim ke alamat email. Pastikan akum email Anda tersingkronisasi dengan smartphone sehingga segera mendapat notifikasi saat email tagihan masuk.

Selain mengendalikan pembelanjaan dan membuat perencanaan keuangan yang matang, untuk menghindari keterlambatan bayar atau tertundanya pembayaran kartu kredit Anda juga harus memilih cara bayar yang cepat.

Saat ini Anda tidak lagi perlu mencari ATM untuk melakukan pembayaran kartu kredit. Selain lewat layanan internet banking Anda juga bisa bayar tagihan kartu kredit online di situs belanja online Tokopedia. Caranya sangat mudah.

Pilih menu produk digital dan ikuti langkah-langkah yang ada di halaman pengecekan tagihan kartu kredit.  Lakukan checkout dan pilih metode pembayaran yang diinginkan.

Tokopedia tidak hanya menawarkan kemudahan pembayaran tagihan karti kredit saja, tetapi juga layanan pembayaran tagihan lain secara online seperti asuransi, PDAM, gas PGN, cicilan atau angsuran, hingga beli pulsa secara online.

Khusus untuk pembelian pulsa, caranya sangat praktis. Tinggal masukkan nomor ponsel, nominal pulsa yang diinginkan, pilih penyedia layanan telekomunikasi, dan klik tombol beli.

Mudah bayar tagihan dan lancar berkomunikasi dimulai dari Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com