Kilas

Amerika Serikat Lirik "Smart City" di Kota Semarang

Kompas.com - 21/02/2018, 18:23 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang mulai mengoperasikan situation room pada Senin (19/2/2018). Ruangan yang merupakan pengembangan dari monitoring room tersebut berfungsi sebagai pusat integrasi kegiatan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Semarang.

Melalui situation room yang berada tepat di atas kantor Wali Kota Semarang tersebut, setiap kegiatan pelayanan dan pembangunan secara real time akan terpantau, termasuk data-data statistik terkait.

Situation room yang baru dua hari beroperasi ternyata mengundang minat sejumlah pihak untuk bekerja sama. Duta Besar Amerika, Joseph R. Donovan Jr., secara khusus datang berkunjung pada Rabu (21/2/2018).

(Baca:  Semarang Siapkan CCTV Terintegrasi)

 

Donovan terkesan dengan implementasi program smart city di Kota Semarang. Ia menilai upaya Pemerintah Kota Semarang tersebut berbanding lurus dengan kemajuan teknologi saat ini.

“Era teknologi ini memang sudah sepatutnya dimanfaatkan oleh pemerintah untuk pelayanan publik. Masyarakat juga dapat mengontrol kinerja pemerintah sehingga tercipta good governance,” katanya.

Amerika Serikat berkomitmen mendukung program smart city Kota Semarang dengan memberi sistem perangkat lunak.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menyambut baik rencana itu. “Konsep pembangunan Kota Semarang adalah bergerak bersama. Jadi, semakin banyak yang ingin membantu, pasti akan semakin baik dan ini bukan pertama kalinya ada pihak luar yang ingin berpartisipasi membantu Kota Semarang," ujarnya.

(Baca juga:  Hendrar Bahas Pariwisata Kota Lama Semarang dengan Uni Eropa)

Sejumlah proyek Kota Semarang juga didukung oleh pihak luar, misalnya proyek penanganan banjir kaki kering yang didukung Belanda, proyek pembangkit listrik tenaga sampah oleh Denmark, proyek bus berbahan bakar gas oleh Jepang, serta pengembangan pariwisata oleh berbagai negara.

“Saya juga tegaskan kepada Duta Besar Amerika Serikat bahwa Kami membuka diri jika ada perusahaan dari Amerika yang ingin berinvetasi di sektor lain, seperti pendidikan misalnya," katanya.

Wali Kota Hendrar Prihadi meresmikan situation room Kota Semarang, Senin (19/2/2018)Dok. Humas Pemkot Semarang Wali Kota Hendrar Prihadi meresmikan situation room Kota Semarang, Senin (19/2/2018)

Hendrar menunjukkan pada Donovan sejumlah fungsi situation room milik Pemerintah Kota Semarang, mulai dari memantau kondisi lalu lintas, mendeteksi wilayah banjir, mengontrol kecepatan armada BRT Trans Semarang, memantau harga bahan pokok di pasar, melihat peta tata ruang kota terbaru, mengelola laporan masyarakat, memantau kondisi keamanan, hingga melacak keberadaan truk pengangkut sampah.

“Tadi juga sempat ditanyakan bagaimana sistem pelelangan di Pemerintah Kota Semarang dalam rangka membentuk clean government. Ya Saya perlihatkan bagaimana sistem e-procurement kami yang telah berjalan dengan baik sampai saat ini," ujarnya.

 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com