Advertorial

Dorong Industri Otomotif Tanah Air, GAKINDO gelar GIICOMVEC 2018

Kompas.com - 22/02/2018, 08:49 WIB

Industri kendaraan komersial di Indonesia sedang menggeliat seiring dengan proyek infrastruktur yang terus digenjot pemerintah dan semakin meningkatnya sektor produktivitas logistik, distribusi, serta perdagangan. Beberapa faktor tersebut menyebabkan permintaan dan kebutuhan akan kendaraan komersial menjadi meningkat sehingga merupakan tantangan produsen dan agen pemegang merek (APM) untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Memang sebagai negara yang giat dalam kegiatan ekspor komoditas, Indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan mobilitas kendaraan komersial yang tinggi. Pencatatan Badan Pusat Statistik pun menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun, jumlah kendaraan di Indonesia  termasuk kendaraan komersial dan kendaraan berat selalu mengalami peningkatan jumlah sejak awal dilakukan pencatatan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAKINDO) Yohannes Nangoi. Ia turut menjelaskan bahwa hasil penjualan kendaraan komersial telah mencatatkan hasil positif yang mana angka penjualannya mencapai lebih dari 200.000 unit di tahun 2017 atau mengalami peningkatan sebanyak 45 persen dari tahun 2016.

GIICOMVEC 2018

Momentum tersebut menurut Yohannes menjadikan dibutuhkannya suatu ajang pameran yang fokus untuk industri kendaraan komersial mengingat prospek positif dari pembangunan infrastruktur dalam negeri dan juga membaiknya industri pertambangan dan harga berbagai macam komoditas.

Oleh karena itu, GAKINDO memanfaatkan momentum tersebut dengan menggelar sebuah pameran baru khusus untuk industri kendaraan komersial yaitu GAKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018. Pameran bertaraf internasional tersebut rencananya akan digelar di Jakarta Convention Center pada tanggal 1 hingga 4 Maret 2018.

- -

Tujuan dari digelarnya pameran tersebut adalah memberi ajang bagi produsen dan APM industri kendaraan komersial Indonesia untuk menampilkan perkembangan teknologi terkininya. Konsep acara berupa bisnis dengan bisnis (BDB) akan menghadirkan pembeli dari berbagai sektor bisnis seperti transportasi, logistik, konstruksi, migas, non-migas, kehutanan, retail, hingga wholesaler.

Konsep BDB pada pameran tersebut selain untuk semakin memajukan industri otomotif, juga diharapkan dapat semakin mendongkrak perkembangan bisnis di Indonesia terutama sektor bisnis yang menggunakan kendaraan komersial atau kendaraan berat dalam aktivitasnya. Target pembeli pada event pameran ini pun tidak tanggung-tanggung yaitu sebanyak 3.000 visitors yang berasal dari pelaku industri.

GIICOMVEC 2018 kali ini juga akan diikuti merek-merek besar kendaraan komersial, seperti Daihatsu, DFSK, Hino, Isuzu, Iveco, MAB (Mobil Anak Bangsa), Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, UD Truck, United Tractors, Toyota serta Volvo. Berbagai industri pendukung juga akan mengikuti GIICOMVEC 2018,  mulai industri karoseri Tanah Air; Adiputro, Laksana, Shinmei, Sugity Creatives, dan industri pendukung lainnya seperti ADR Group, Alcoa wheel, Astraotoparts, BG Product, Dunlop, Esmak Makine, Evalube, Gajah Tunggal, Goodyear, Himawan Putra, Pro7 Auto Lighting dan lainnya.

Program dan peluncuran produk terbaru

Bukan hanya sekadar pameran biasa. Enam merekkendaraan terkenal yaitu Isuzu, Iveco, Mercedes-Benz, Suzuki, dan Volvo akan meluncurkan kendaraan komersial tipe paling barunya. Tidak hanya itu saja, Mitsubishi FUSO pada acara ini juga akan melakukan pre-launching kendaraan terbarunya pada pameran perdana GIICOMVEC 2018

Berbagai program atau acara juga akan diadakan untuk mendukung dan memaksimalkan pengalaman pembeli untuk bertemu langsung dengan para produsen kendaraan komersial Indonesia seperti seminar harian& talkshow, exhibitors & buyers coctail party, dan area demonstrasi bus dan trukyang akan berlangsung pada area khusus di area outdoor dari Jakarta Convention Center. Program Bus & Truck Live Demo Area akan memberikan nilai lebih untuk para potential buyes di GIICOMVEC, dimana para peserta akan mendemonstrasikan teknologi pada kendaraannya dan para buyers bisa melihat dan bertanya langsung tentang fitur kendaraan komersial yang sesuai dengan kebutuhannya langsung dari perwakilan para Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan komersial Indonesia.

Harapan besar di acara ini disampaikan oleh Rizwan Alamsjah selaku ketua III GAKINDO yang membawahi bidang pameran. “Semoga kehadiran GIICOMVEC dapat memberikan dorongan positif bagi anggota kami dari kendaraan komersial dan industri komersial Indonesia secara luas,” Ungkap Rizwan.

- -

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com