Advertorial

Bagaimana Cara Membuat Perjalanan Antarkota Naik Kereta Lebih Menyenangkan?

Kompas.com - 01/03/2018, 13:00 WIB

Kereta api merupakan moda transportasi yang kerap dipilih masyarakat untuk perjalanan jauh. Alasan utamanya adalah kereta api menawarkan biaya yang lebih murah dibanding pesawat terbang, untuk rute perjalanan yang sama.

Meski demikian, ada pula orang yang masih ragu melakukan perjalanan jauh dengan kereta api, terutama untuk mudik. Biasanya, kenyamanan menjadi pertimbangan utama mereka. Padahal, Anda bisa mengalami perjalanan antarkota yang paling menyenangkan bersama kereta api.

Bagaimana caranya? Beberapa tips berikut siap membantu Anda :

1. Pastikan daya ponsel penuh

Hal yang menyenangkan dari naik kereta adalah penumpang dapat tetap menggunakan ponsel selama perjalanan, tidak seperti di pesawat. Dengan ini, Anda memiliki teman perjalanan yang siap mengusir bosan selama berada di dalam kereta. Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mengisi penuh daya ponsel sehingga Anda bisa menggunakannya sepanjang perjalanan. 

Manfaatkanlah fitur-fitur menarik di ponsel sehingga perjalanan tidak terasa lama. Putar musik atau film favorit, chatting seru dengan kerabat, mainkan games kesukaan, simak update media sosial, atau sekadar membaca berita dan buku elektronik dari ponsel. Anda pun tidak perlu khawatir jika daya ponsel mulai menipis karena pada sisi bawah jendela kereta, tersedia colokan listrik yang dapat digunakan.

2. Pilih tempat duduk di samping jendela

Tidak seperti di pesawat terbang yang pemandangannya hanya terpaku pada awan, pemandangan dari kereta api jelas jauh lebih beragam dan indah. Anda dapat melihat pegunungan, perbukitan, persawahan, sungai, danau, perkotaan, hingga perkampungan penduduk sepanjang perjalanan.

Untuk menikmati pemandangan cantik tersebut, pastikan Anda memilih tempat duduk di samping jendela. Sensasi ini terasa semakin menyenangkan, terutama jika Anda menggunakan kereta untuk mudik. Semakin Anda mendekati kampung halaman, pemandangan sekitar akan menggiring Anda bernostalgia. 

Selain itu, duduk di samping jendela juga lebih nyaman karena Anda dekat dengan colokan listrik dan tatakan minuman. Saat bosan dengan pemandangan sekitar, Anda tinggal menghibur diri dengan bermain ponsel sepuasnya dan menikmati minuman hangat tanpa harus mengganggu orang di sebelah.

3. Siapkan bantal leher yang nyaman

Beberapa orang mungkin akan kesulitan tidur di dalam kereta api karena posisi tempat duduknya yang tegak. Padahal, tidur selama perjalanan akan membuat Anda lebih segar sesampainya di tujuan. Untungnya, kereta api kelas Eksekutif dan Bisnis menyediakan bantal untuk menemani istirahat penumpang. 

Lalu, bagaimana dengan Anda yang menggunakan kereta kelas Ekonomi untuk bepergian atau tidak terbiasa menggunakan bantal umum? Sebaiknya, bawalah sendiri bantal leher yang nyaman. Pilih bantal yang bagian dalamnya padat namun empuk, juga bagian luarnya berbahan lembut dan tidak panas.

4. Kenakan pakaian yang nyaman untuk perjalanan panjang

Dalam perjalanan panjang dengan kereta api, sebaiknya Anda mengenakan pakaian berbahan katun yang ringan dan menyerap keringat, lalu dilapisi kemeja lengan panjang atau jaket. Sebab, AC kereta api (terutama di malam hari) bisa terasa sangat dingin. Untuk bawahan, gunakan celana panjang agar Anda tetap nyaman dan leluasa bergerak di dekat penumpang lainnya. 

Khusus alas kaki, gunakan sepatu atau sepatu sandal yang datar dan tidak mudah copot. Hal ini untuk memudahkan gerak Anda, terutama saat akan naik dan turun kereta. Untuk perempuan, hindari memakai sandal atau sepatu berhak tinggi. Selain mudah pegal, hak tinggi membuat Anda rawan tersandung dan jatuh saat berdesakan dengan penumpang lain.

5. Gunakan aplikasi online untuk pesan tiket

Untuk memastikan Anda kebagian tiket kereta api tanpa harus berebut dan berdesakan dengan orang lain, pesanlah tiket melalui online travel agent (OTA). Pastikan Anda memilih OTA terpercaya yang menawarkan banyak kemudahan, misalnya Traveloka. 

Traveloka memiliki beberapa fitur yang dapat membuat pemesanan tiket kereta menjadi lebih mudah. Fitur Passenger Quick Pick misalnya membantu pengguna melakukan pengisian data penumpang secara cepat karena sistem akan menyimpan semua data penumpang yang dimasukkan.

Ada pula fitur Kartu Saya (My Cards) yang memudahkan pengguna untuk membayar dengan kartu kredit, karena fitur ini dapat menyimpan data hingga 3 kartu kredit dalam satu akun sehingga Anda tidak perlu berulang kali memasukkan ulang data setiap bertransaksi. 

Selain itu, Traveloka juga memiliki fitur Saldo UANGKU, yang berfungsi sebagai sistem pembayaran online di mana pengguna dapat mengisi saldo hingga Rp1 juta dan menggunakannya untuk pembayaran tiket kereta api di Traveloka. Ketiga fitur Traveloka tersebut memastikan Anda dapat membeli tiket kereta api dengan praktis dan tidak kalah cepat dari calon penumpang lainnya. 

Lima cara di atas memastikan Anda menikmati perjalanan kereta api antarkota dengan sangat menyenangkan. Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan dengan kereta api pada bulan-bulan mendatang, pesanlah tiket dari sekarang agar tidak kehabisan. 

Apalagi jika Anda berencana untuk mudik Lebaran dengan kereta api di bulan Juni nanti, tiket kereta sudah tersedia di Traveloka sejak tiga bulan sebelum keberangkatan sehingga Anda bisa berburu tiket sebelum ludes dibeli calon penumpang lain saat peak season nanti.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com