Advertorial

5 Rahasia Beli Tiket Kereta Api via Online Paling Efektif

Kompas.com - 08/03/2018, 13:00 WIB

Hingga hari ini, kereta api masih menjadi angkutan pilihan yang paling efektif untuk urusan perjalanan jarak jauh. Kendaraan cepat yang berjalan di atas rel ini menawarkan sebuah perjalanan yang nyaman dan bebas macet dengan biaya yang sangat terjangkau.

Tak heran jika keunggulan tersebut membuat semakin banyak orang mengandalkan kereta api, terutama untuk urusan pulang kampung menjelang Lebaran. Terlebih lagi, saat ini pemesanan tiket kereta api sudah semakin mudah dengan adanya sistem online.

Pemesanan via online ini bahkan kian efektif jika Anda mengetahui 5 rahasia berikut:

1. Reservasi tiket kereta api telah dibuka sejak H-90

PT KAI (Persero) biasanya menjual tiket kereta api untuk umum sejak H-90 tanggal keberangkatan. Ketersediaan ini berlaku tak hanya di situs resmi dan loket KAI, tetapi juga pada seluruh jaringan penjualan tiket kereta api yang resmi bekerja sama dengan PT KAI (Persero).

Dengan tersedianya tiket kereta api sejak 3 bulan sebelum keberangkatan, tentu Anda bisa memesannya dari jauh-jauh hari. Alhasil, Anda memiliki waktu persiapan yang lebih panjang dan lebih tenang.

Jika Anda berencana mudik Lebaran nanti, misalnya, tiket kereta api untuk peak season tersebut sudah bisa Anda pesan dari sekarang, sehingga memastikan Anda tak kehabisan.

2. Pesan tiket dengan perhitungan waktu yang tempat

Penjualan pertama tiket kereta api biasanya diluncurkan untuk umum mulai pukul 00.00 WIB setiap harinya. Waktu tersebut adalah waktu puncak di mana ratusan hingga ribuan calon pembeli akan berebut memesan tiket kereta api. Perebutan tersebut bahkan bisa lebih ketat untuk urusan tiket mudik Lebaran. Karenanya, kemungkinan mendapatkan tiket menjadi semakin kecil.

Apabila Anda tidak kebagian tiket pada percobaan pertama tersebut, silakan tunggu 1 – 3 jam kemudian untuk mencobanya lagi. Sebab, lalu lintas data di situs pemesanan tiket pada waktu tersebut sudah tidak begitu ramai seperti waktu pertama perilisan.

Perlu Anda ingat, PT KAI memberikan batas waktu 3 jam untuk para calon pembeli melunasi tiket pesanan. Dalam batas waktu tersebut, ada saja beberapa orang yang gagal menyelesaikan pembayaran. Tiket yang tidak terbayar biasanya akan tersedia kembali untuk dibeli orang lain dalam kurun waktu tersebut. Jadi, jika Anda gagal mendapatkan tiket di pukul 00.00, silakan coba lagi di pukul 03.00.

3. Pilih metode pembayaran yang paling mudah

Sistem pemesanan tiket kereta api secara online memudahkan para pengguna karena menyediakan berbagai metode pembayaran. Selain transfer, metode pembayaran yang tersedia untuk pemesanan tiket kereta api online adalah via debit, ATM, kartu kredit, mobile banking, e-banking, merchant rekanan (biasanya di gerai minimarket atau supermarket), dan ada pula yang menyediakan fitur dompet online.

Dari sekian banyak cara, pilih salah satu yang paling memudahkan Anda. Dengan begitu, tiket bisa cepat sampai di tangan Anda tanpa masalah.

4. Pastikan koneksi internet stabil

Koneksi internet yang stabil memastikan Anda dapat menjalani proses pemesanan dengan tetap cepat dan lancar. Anda pasti tahu bahwa dalam memesan tiket kereta api, harus beradu cepat dengan ratusan calon pembeli lainnya. Mana lagi, ada beberapa data penumpang yang harus kita isi dengan lengkap dan benar.

Apabila koneksi tidak stabil, Anda bisa saja gagal membeli tiket karena internet tiba-tiba melambat atau putus saat Anda sudah memasuki tahap validasi data penumpang atau mungkin sebelum melakukan pembayaran. Karena gagal, tiket tersebut akhirnya direbut penumpang lain. Tak mau hal buruk ini terjadi, bukan?

5. Cari solusi selain situs KAI

Untuk urusan memesan tiket kereta api secara online, Anda juga bisa mengandalkan tempat pemesanan selain situs resmi KAI. Jika ingin menghindari lalu lintas data yang terlalu tinggi saat pemesanan, ada beberapa alternatif lain yang layak dicoba.

Salah satu pilihan terbaik adalah Traveloka. Agen travel online ini hadir dengan berbagai fitur unggulan yang memudahkan proses pemesanan tiket kereta api. Fitur Passenger Quick Pick misalnya, hadir untuk memastikan pengisian data penumpang menjadi lebih cepat karena data dapat disimpan di sistem Traveloka. Fitur ini membuat Anda tak perlu mengetik informasi penumpang secara manual setiap melakukan pemesanan.

Metode pembayarannya pun beragam, seperti Saldo UANGKU, dompet online yang dapat Anda isi dengan saldo hingga Rp 1.000.000. Saldo tersebut dapat Anda gunakan untuk bertransaksi, termasuk membayar tiket kereta api di Traveloka.

Jika Anda adalah pengguna kartu kredit, fitur Kartu Saya (My Cards) juga menjadikan pembayaran lebih praktis karena dapat menyimpan data lebih dari 1 kartu kredit pengguna. Dengan demikian, pembayaran lebih mudah dan aman.

Itulah 5 rahasia yang dapat memastikan pemesanan kereta api secara online bisa semakin efektif. Rahasia ini tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang akan berburu tiket mudik tahun ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com