Advertorial

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat memilih PC “Gaming”

Kompas.com - 08/03/2018, 14:30 WIB

Bermain game melalui PC merupakan aktivitas yang cukup digemari untuk mengisi waktu luang. Perkembangan dunia game PC juga begitu pesat dengan munculnya berbagai game baru dengan grafis memukau buatan perusahaan-perusahaan pengembang game sehingga menghadirkan pengalaman bermain game yang semakin menyenangkan.

Kehadiran game dengan grafis memukau tersebut selain merupakan kabar baik bagi para pecinta game, juga merupakan sebuah tantangan untuk membuat perangkat PC senantiasa mampu memainkan game terbaru. Tentu semakin baik kualitas grafis suatu game, maka dibutuhkan pula spesifikasi PC yang semakin baik. Oleh karena itu lima hal ini perlu diperhatikan saat memilih PC gaming untuk kepuasan bermain game yang maksimal:

Prosesor yang digunakan pada PC

Prosesor merupakan otak dari perangkat PC yang menentukan baik-tidaknya performa. Semakin baik prosesor pada PC maka semakin baik pula PC tersebut mampu memproses game yang sedang dijalankan. Semakin bagus grafis suatu game jelas membutuhkan prosesor yang lebih tangguh pada sebuah PC.

Kartu grafis yang digunakan

Kehadiran kartu grafis pada sebuah PC berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh suatu komputer menjadi suatu tampilan layar grafik pada monitor. Oleh karena itu pertimbangan kedua ada pada jenis kartu grafis (VGA Card) yang digunakan. Jelas game yang kualitas grafisnya baik akan membutuhkan PC dengan memiliki kartu grafis yang baik pula.

Kapasitas RAM

Saat sedang menjalankan game, sebuah PC membutuhkan RAM sebagai ruang memori tempat game tersebut beroperasi. Sama seperti sebelumnya, semakin bagus kualitas grafis suatu game, maka semakin besar pula kapasitas RAM yang dibutuhkan pada suatu PC agar game tersebut dapat berjalan.

Kapasitas hard disk

Selain membutuhkan ruangan untuk beroperasi, sebuah game juga membutuhkan ruangan untuk penyimpanannya di dalam PC. Semakin besar kapasitas penyimpanan hard disk di suatu PC maka semakin memungkinkan pula kemampuannya untuk menyimpan game masa kini yang kebanyakan berukuran besar.

Pemilihan Motherboard

Motherboard pada PC merupakan komponen penting lainnya karena empat komponen yang disebutkan sebelumnya dipasangkan di sini. Motherboard yang sudah mendukung sata 3.0 hendaknya menjadi pilihan karena akan menentukan kecepatan mengakses hard disk. Selain itu hendaknya memilih motherboard dengan kapasitas RAM yang mencapai 32 GB sehingga tidak perlu mengganti motherboard saat ingin menaikkan RAM.

Kelima hal di atas tentunya sudah bisa menjadi bahan pertimbangan saat ingin membeli PC gaming. Tenang saja karena saat ini untuk mencari PC gaming hanya tinggal memasukkan kata kunci “jual PC gaming” di kolom pencarian Google. Berbagai pilihan PC gaming di berbagai situs belanja online seperti Tokopedia tentu akan semakin mempermudah pencarian.

Serunya bermain game juga bisa membuat terlena akan hal lainnya seperti mengecas ponsel. Guna mengantisipasi ponsel kehabisan daya, lebih baik jika menyediakan powerbank. Mendapatkan powerbank juga sangat mudah dengan menyertakan merek ponsel yang dipakai. Contohnya jika ponsel yang dipakai bermerek Xiaomi, maka cukup #MulaiAjaDulu di Tokopedia dengan masukkan kata kunci “jual powerbank Xiaomi”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com