Advertorial

Mulai dari Gunung Fuji hingga Kapal Bajak Laut, Bisa Dimulai dengan Naik Romancecar

Kompas.com - 08/03/2018, 18:38 WIB

Jepang merupakan destinasi liburan paling menarik. Namun, selain Tokyo, Osaka, Kyoto, atau Nagoya, Anda bisa mengunjungi Hakone. Area pegunungan di daerah barat kota Tokyo ini menawarkan berbagai tempat indah untuk dikunjungi.

Menuju ke Hakone bisa menggunakan Odakyu Electric Railway. Dimulai dari Stasiun Shinjuku, Anda bisa naik kereta produksi Odakyu, yaitu Odakyu Limited Express Romance Car, dalam waktu 85 menit.

Sebelum memulai perjalanan, Anda harus membeli Limited Express tiket Romance Car. Nah, jika ingin mengelilingi Hakone lebih hemat, Anda bisa membeli Hakone Freepass. Melalui tiket ini, Anda bisa berkeliling Hakone menggunakan berbagai transportasi umum sepuasnya. Hakone Freepass ini berlaku selama dua hari.

- -

Adapun harga tiket yang dikenakan untuk Romance Car dari Shinjuku ke Hakone Yumoto adalah 1.190 yen. Sementara itu, Anda harus mengeluarkan uang 5.140 yen untuk membeli tiket Hakone Freepass. Namun, jika Anda ingin membeli Hakone Freepass untuk tiga hari, cukup tambah 500 yen dari harga sebelumnya.

Berbeda dengan kereta cepat di Jepang lainnya yang memiliki tempat duduk berhadap-hadapan, tempat duduk di Romance Car ini untuk dua orang dan jendelanya didesain lebar untuk melihat pemandangan.

"Kereta ini disebut Romance Car karena bangkunya untuk dua orang, seperti bangku untuk pasangan. Kereta di Jepang jarang yang bangkunya untuk dua orang, itulah dinamakan Romance Car," kata Corporate Communications Department Odakyu Electric Railway.

- -

Di dalam kereta tak jauh berbeda ketika menumpangi kereta api eksekutif. Selain bangkunya untuk dua orang, ada juga pramugari yang mendorong troli dan menjajakan makanan, minuman serta suvenir. 

Sepanjang perjalanan, penumpang akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Anda pun akan terus membidik lensa kamera ke arah jendela untuk mengambil foto terbaik.

Apalagi setelah 50 menit perjalanan, Gunung Fuji akan terlihat. Segera ambil foto pemandangan gunung yang tertutup salju tersebut.

Udara dingin akan menyapa Anda setibanya di stasiun tujuan. Siapkan jaket yang tebal untuk melindungi diri.

Jika Anda ingin langsung berjalan-jalan di Hokane, tersedia tempat penitipan koper yang bisa langsung mengantarkan koper langsung ke hotel tempat menginap.

- -

Lokasi pertama yang harus dikunjungi adaah Hakone Yuryo. Dari Stasiun Hakone Yumoto, Anda bisa naik shuttle bus gratis. Perjalanannya hanya menempuh waktu sekitar lima menit.

Di sini Anda bisa berendam air panas atau yang biasa dikenal onsen. Selain pemandian air panas, Hakone Yuryo juga menyediakan restoran dan relaksasi.

Untuk dapat menikmati onsen umum di sini, Anda harus mengeluarkan 1.400 yen, dan 700 yen untuk anak-anak 6-12 tahun. Sementara untuk onsen privat, biayanya 4.000 yen setiap 60 menit untuk ruangan tipe 1, 5.000 yen setiap 60 menit untuk ruangan tipe 2, dan 6.000 yen setiap 60 menit untuk ruangan tipe 3.

Perbedaan di tiap ruangan hanya kapasitas dan ketersediaan yukata. Ruangan tipe 1 untuk 2 orang, tipe 2 dan 3 untuk 2-4 orang. Yukata hanya tersedia di ruangan tipe 3. Sementara Anda yang memesan onsen di ruangan tipe 1 dan 2 dapat menyewa yukata 100 yen.

"Wisatawan asing paling sering menyewa ruang privat," kata Direksi Hakone Yuryo.

Tak perlu khawatir akan bosan saat berendam air panas di onsen, Anda akan disajikan pemandangan pohon-pohon rindang yang ada di belakang kolam. Dengan sentuhan alam tersebut, yaitu pohon-pohon yang menutupi kolam, privasi tetap terjaga.

Selain onsen, daya tarik Hakone Yuryo adalah fasilitas pijat dan relaksasi. Tidak sedikit orang tua, kakek, dan nenek yang menikmati fasilitas ini. Mulai refleksi kaki, pijat seluruh tubuh, hingga sauna tersedia di tempat ini.

- -


Destinasi selanjutnya adalah Danau Ashi. Dari Hakone Yuryo ke Danau Ashi membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Anda bisa menggunakan shuttle bus gratis untuk kembali ke Stasiun Hakone Yumoto.

Dari stasiun, Anda dapat menaiki bus menuju Danau Ashi. Dengan memiliki Hakone Freepass, Anda tak perlu membayar lagi. Cukup tunjukkan Hakone Freepass kepada sopir bus.

Di sekitar Danau Ashi, Anda bisa menikmati roti di Bread and Table. Di sini tersedia berbagai macam roti, seperti roti kari, roti custard, dan roti Hakone. Roti kari terbuat dari tepung beras yang berisi kari daging sapi dan telur. Tekstur roti yang renyah di luar dan pedas di dalamnya akan membuat Anda tak berhenti mengunyah.

Sementara itu, roti Hokane adalah roti Danish berbentuk kotak. Di dalamnya terdapat isian wortel dan sayuran lainnya.

"Nah kalau roti custard ini, custard nya kami buat sendiri, homemade. Sekali gigit, langsung melting, ini roti manis," Bakery and Table Staff.

- -

Jika cuaca mendukung, pengunjung bisa menikmati roti sambil menyeruput kopi di bagian luar Bread and Table. Di sana, mereka juga menyediakan berendam kaki sambil memandang hamparan Danau Ashi yang begitu luas dan indah.

Di Hakone, Anda juga menyeberangi danau dengan kapal yang didesain unik layaknya kapal bajak laut. Tiket Hakone Sightseeing Cruise ini sudah termasuk dalam Hakone Freepass.  Berangkat dari pelabuhan Hakone-Machi menuju pelabuhan Togendai Anda akan menempuh perjalanan sekitar 25 menit.

- -

Setelah sampai di Pelabuhan Togendai, lanjutkan perjalanan ke Owakudani menggunakan Hakone Ropeway dengan lama perjalanan sekitar 16 menit. Owakudani adalah sebuah lembah vulkanik dengan tambang sulfur yang masing aktif.

- -

Di sini, Anda harus mencoba telur hitam atau biasa disebut kurotamago khas Owakudani seharga 500 yen untuk enam butir. Rasanya sedikit berbeda dengan telur rebus biasa. Konon jika memakan satu butir, usia hidup kita bertambah tujuh tahun.

- -

Dari Owakudani, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Hakone Gora Park untuk beristirahat sejenak dan mencoba aktivitas membuat kerajinan manik-manik gelas di Hakone Craft House yang ada di sana. Setelah itu, jangan lupa untuk mengunjungi museum outdoor pertama di Jepang, yaitu Hakone Open Air Museum.

- -

Nah, untuk berbelanja oleh-oleh untuk sana saudara, Odakyu Shinjuku Department Store bisa jadi tujuannya. Lokasi ini terhubung langsung stasiun Shinjuku lewat pintu keluar sebelah barat (West Exit). Di tempat ini terdapat barang-barang bermerek serta macam-macam kosmetik dan pakaian. 

Dekat dari Stasiun Shinjuku juga terdapat Inbound League yang merupakan serviced place yang diperuntukkan untuk orang asing. Terdapat share house serta penyewaan ruang meeting. Selain itu juga terdapat fasilitas tempat solat shower room, rental sepeda, loker penitipan, dan terdapat juga free wi-fi. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com