kabar ketenagakerjaan

Dari Laporan Masyarakat, Tim Kemnaker Temukan 11 Calon PMI Unprosedural

Kompas.com - 08/03/2018, 18:47 WIB

Tim Subdit Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia dan Pengawas Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) melakukan inspeksi mendadak (sidak) penampungan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) milik perusahaan penyalur PMI, PT Madaso International Labour, di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (7/3/2018).

Dari hasil sidak, didapati 11 calon PMI yang akan diberangkatkan ke Malaysia secara unprosedural. Sidak ini merupakan hasil pengembangan laporan masyarakat dan juga hasil pemeriksaan Pengawas Ketenagakerjaan di PT Madaso 2 hari sebelumnya.

Pihak perusahaan belum dapat menunjukkan dokumen sebagaimana yang dipersyaratkan dalam proses bekerja ke luar negeri. Oleh karenanya, untuk sementara ke-11 calon PMI tersebut dipindahkan ke Rumah Persinggahan Trauma Center (RPTC), Panti Sosial PMI binaan Kemensos di Jakarta Timur.

"Pak Direktur PTKLN Kemnaker (Soes Hindarno) menginstruksikan untuk segara ditindak lanjuti," kata Kasubdit Perlindungan TKI Yuli Adi Ratna.

Yuli juga menegaskan bahwa pemerintah akan menindak keras dan tegas terhadap segala bentuk pelanggaran penempatan PMI ke luar negeri, terlebih yang dilakukan secara unprosedural.

Sementara itu, Kasie Pengawasan Norma Penempatan Luar Negeri Rihat Purba menjelaskan bahwa hasil inspeksi ini akan terus didalami. Jika terbukti melakukan pelanggaran, perusahaan bersangkutan akan dikenakan sanksi tegas. Baik sanksi administratif maupun pidana.

"Pemerintah akan terus mengawasi proses penempatan tenaga kerja ke luar negeri. Dan segala bentuk pelanggaran pasti kami tindak," tegas Rihat.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com