Advertorial

5 Keuntungan Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik Melalui OTA

Kompas.com - 09/03/2018, 13:00 WIB

Mengingat musim liburan Lebaran sudah semakin dekat, masyarakat tentu sudah mulai mempersiapkan rencana mudik atau traveling bagi yang tidak merayakan. Untuk urusan satu ini, kereta api masih menjadi salah satu transportasi andalan masyarakat Indonesia.

Saat ini, pemesanan tiket kereta api telah tersedia dalam berbagai cara yang memudahkan pengguna. Salah satu yang terbaik adalah melalui online travel agent (OTA). Berikut 5 keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memesan tiket kereta api untuk mudik atau musim liburan dengan online travel agent :

1. Memesan tiket jadi lebih tenang

Masalah utama memesan tiket kereta saat musim liburan adalah antrean. Masyarakat Indonesia tentu sudah merasakan bagaimana sumpeknya antrean tiket kereta mudik setiap tahunnya. Tidak hanya sumpek, terkadang tindakan para calon penumpang yang tidak sabar membuat antrean tersebut menjadi kacau dan rawan keributan.

Dengan memesan tiket kereta api melalui OTA, Anda tak perlu lagi repot antre di loket atau sibuk berebut posisi antre dengan calon penumpang lain. Tiket bisa dipesan kapan saja dan di mana saja tanpa menguras energi dan waktu untuk pergi ke stasiun, misalnya saja Gambir.

Cara ini juga memperbesar kemungkinan Anda mendapatkan tiket, karena tidak ada lagi alasan terlambat membeli. Alternatif jadwal perjalanan yang tersedia dalam OTA pun beragam dan tiket yang Anda beli juga tersimpan dalam bentuk digital di gawai sehingga tidak perlu khawatir kehilangan atau lupa membawa tiket kereta.

2. Memilih tempat duduk sesuai keinginan

Masalah utama berikutnya dalam membeli tiket kereta di musim liburan adalah tidak mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Tiket mungkin sudah di tangan, tetapi Anda harus menerima nasib merasakan perjalanan yang kurang menyenangkan dengan tempat duduk yang tidak sesuai harapan. Misalnya saja, terpisah dari keluarga ataupun terlalu dekat bordes.

Perlu diingat, pemesanan tiket kereta api musim liburan tersedia sejak H-90 tanggal keberangkatan. Kemudahan mengakses OTA dari gawai membuat Anda bisa sesegera mungkin membeli tiket kereta api untuk musim liburan, tanpa harus menunggu waktu ramai. Dengan demikian, kemungkinan tempat duduk yang Anda inginkan masih tersedia pun menjadi lebih besar.

3. Memiliki banyak promo menarik

Untuk memenangkan persaingan, kebanyakan OTA berlomba menawarkan berbagai promo menarik. Promo-promo yang tersedia mulai dari promo cashback, diskon, gratis tiket, rekanan bank, merchandise, hingga reward points.

Kehadiran promo tersebut membuat Anda bisa membeli tiket kereta api dengan harga yang lebih murah. Tentu mengasyikkan bukan, bisa tetap berhemat di musim liburan yang kerap menghabiskan banyak biaya? Oleh karenanya, rajin-rajinlah mengecek promo yang menggiurkan dari OTA favorit Anda.

4. Metode pembayaran yang beragam

Pada cara konvensional, metode pembayaran tiket kereta api terbatas pada tunai, debit, atau transfer. OTA memberikan kemudahan bagi pelanggannya dengan menawarkan pilihan metode pembayaran yang lengkap.

Pembayaran pada OTA bisa mencakup lebih banyak pilihan seperti kartu kredit, mobile banking, e-banking, merchant rekanan, dan dompet online. Untungnya lagi, metode pembayaran dengan bank tertentu sering memberlakukan promo spesial.

5. Banyak fitur canggih yang memudahkan Anda

Sebagai sebuah layanan digital, OTA juga telah menyediakan fitur canggih. Fitur ini berguna untuk membuat layanan pemesanan tiket kereta api semakin mudah dan menguntungkan penggunanya.

Traveloka misalnya. OTA asli Indonesia ini memiliki tiga fitur unggulan yang menjadikannya sebagai pilihan OTA favorit untuk penumpang kereta api.

Salah satu fitur yang ditawarkan adalah Passenger Quick Pick yang mampu menyimpan data penumpang di sistem Traveloka. Pengisian informasi penumpang pun menjadi lebih mudah tanpa harus mengetik ulang data secara manual.

Bicara ragam metode pembayaran, Traveloka kini memiliki Saldo UANGKU. Dompet online OTA tersebut dapat diisi saldo hingga Rp1.000.000. Saldo tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi, termasuk untuk membayar tiket kereta api Anda.

Jika Anda lebih sering menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran utama, Traveloka juga memiliki fitur Kartu Saya (My Cards) yang berguna menyimpan data lebih dari satu kartu kredit pengguna. Dengan mengandalkan fitur ini, pemesanan tiket kereta api musim liburan atau mudik Lebaran di Traveloka sudah terjamin lebih cepat dan aman.

Sekarang, Anda sudah tahu keunggulan memesan tiket kereta api untuk musim liburan melalui online travel agent. Mengingat musim liburan terdekat adalah masa Lebaran tahun ini, sudah saatnya Anda merencanakan perjalanan tersebut. Terlebih lagi, tiket kereta api mudik sudah dapat Anda peroleh melalui Traveloka.

Jadi tunggu apalagi? Segera pesan tiket kereta api Anda dan nikmati beragam keuntungan bersama Traveloka.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com