Advertorial

Sedang Cari Kalkulator “Scientific”? Ikuti Tips Ini

Kompas.com - 09/03/2018, 14:23 WIB

Selain kalkulator yang biasa digunakan untuk membantu berhitung ada juga jenis kalkulator lain yang banyak digunakan untuk perhitungan yang lebih rumit dan ilmiah. Biasanya disebut kalkulator scientific.

Fungsi kalkulator ini adalah membantu perhitungan trigonometri, logaritma, eksponensial, pangkat, perhitungan geometrik, dan perhitungan rumit lainnya. Saat ini kalkulator scientific sangat mudah ditemukan dan ditawarkan dengan beragam jenis, fitur, dan kisaran harga.

Jika Anda adalah pelajar atau mahasiswa yang sedang mempelajari perhitungan sains dan sedang memerlukannya, jangan bingung saat memilih kalkulator scientific yang tepat. Agar tidak salah pilih, berikut tips mencari kalkulator scientific yang sesuai.

1. Pertimbangkan kebutuhan

Jika hanya memerlukan kalkulator scientific untuk membantu perhitungan ilmiah sederhana, Anda tidak perlu membeli kalkulator yang fungsi-fungsinya kompleks. Selain akan membuang uang, Anda akan kebingungan sendiri. Namun jika memang berniat mendalami bidang sains hingga di masa depan nanti, sebaiknya pelajar atau mahasiswa memilih kalkulator scientific yang fungsi dan fitur-fiturnya lengkap. Tujuannya supaya bisa digunakan hingga nanti saat sudah memasuki dunia kerja. Memang agak lebih mahal, tetapi anggap saja sebagai investasi.

2. Jangan terkecoh model

Saat ini banyak kalkulator scientific tersedia dalam beragam model dan pilihan warna. Namun, jangan mudah terkecoh. Pilih yang sesuai kebutuhan terutama dari segi fungsi-fungsi perhitungan di dalamnya.

3. Durabilitas tinggi

Kualitas juga sangat penting untuk masuk ke daftar pertimbangan. Kalkulator scientific yang berkualitas dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Kemungkinan masalah yang ditemui adalah kehabisan baterai. Namun, tenang saja, saat ini juga tersedia banyak kalkulator scientific yang sumber dayanya dari cahaya.

4. Merek terpercaya

Saat ini kalkulator scientific tersedia dalam beragam merek. Jangan bingung memilihnya. Cobalah baca berbagai ulasan mengenai beberapa merek kalkulator scientific. Bandingkan dan pilih yang mendapat respon positif paling banyak.

Untuk mencarinya Anda tidak harus mengunjungi toko buku. Saat ini ada online shop Indonesia yang jual kalkulator scientific dengan beragam merek dan model, yaitu Tokopedia.

Salah satunya adalah merek Casio yang sudah dikenal dan dipercaya sejak dulu. Untuk mengecek ketersediaan model dan harga kalkulator Casio Anda bisa langsung mengunjungi situs jual beli online Tokopedia.

Belajar sains lebih mudah dimulai dari Tokopedia

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com