Advertorial

Keselamatan Berkendara Jadi Fokus Utama Saat Hujan dan Angin

Kompas.com - 10/03/2018, 11:17 WIB

Belakangan ini cuaca sedang tidak menentu. Hujan deras bisa datang kapan saja padahal satu jam sebelumnya matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, angin kencang juga membuat para pengendara motor harus selalu waspada saat berkendara.

Di saat seperti ini, bisa menyebabkan kecelakaan. Bisa saja Anda terperosok saat menerobos genangan air yang tidak tahu kedalamannya. Atau karena jarak pandang yang terbatas saat hujan deras, Anda ditabrak oleh pengendara lainnya.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya Anda berhati-hati dalam berkendara. Apalagi saat hujan dengan angin kencang, sebaiknya Anda segera menepi dan berhenti. Hal tersebut sangat berbahaya bagi pengendara motor karena jarak pandang dan keseimbangan Anda akan terganggu.

Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih jauh daripada kondisi jalan kering. Hal yang tak kalah penting adalah kurangi kecepatan kendaraan Anda, permukaan jalan yang licin akibat hujan bisa menyebabkan Anda tergelincir.

Sebelum berkendara sebaiknya pastikan kondisi fisik dan motor Anda dalam keadaan baik. Fisik yang dimaksud adalah kondisi kesehatan Anda. Jika merasa sedikit pusing atau sakit, urungkan niat untuk pergi. Namun, jika sangat mendesak, carilah teman berkendara.

- -
 

Selain itu, setiap saat berkendara, Anda harus menggunakan perlengkapan keselamatan. Sebagai merek dunia, Yamaha tak hanya memiliki motor, tetapi juga memiliki perlengkapan keselamatan, yang sesuai dengan standar Yamaha seperti helm, jaket, sarung tangan, dan pelindung tubuh. Keempat benda tersebut akan melindungi dan meminimalkan luka pada tubuh ketika terjadi kecelakaan.

Selanjutnya adalah cek kondisi motor Anda. Pastikan lampu kendaraan berfungsi dengan baik karena sangat membantu Anda saat jarak pandang terbatas. Tekanan udara dan alur ban pastikan dalam kondisi baik dan layak jalan.

Perhatikan juga rantai motor Anda. Jika sering terkena hujan, rantai motor bisa berkarat dan tidak bertahan lama. Oleh sebab itu, gunakan Yamalube Chain Lube yang diformulasikan untuk melumasi rantai secara menyeluruh dan melekat ke permukaan rantai dalam waktu yang lama. Produk ini juga mampu mencegah terbentuknya karat pada rantai motor Anda.

- -
 

Terakhir adalah jangan lupa rutin mengganti oli motor Anda. Yamalube Super Sport Motor Oil bisa jadi pilihan oli motor Anda, dengan formula khusus dan material full synthetic dapat melindungi mesin motor 4T sport hingga ke celah tersempit dan memaksimalkan tenaga mesin.

Daya gesek yang sangat halus juga akan dirasakan pengendara. Gantilah oli secara rutin, yaitu tiap pemakaian 3.000 km untuk menjaga power mesin dan kondisi terbaik motor Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai perlengkapan keamanan dan pelumas dari Yamalube, silakan klik tautan ini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com