Advertorial

Cara Menghindari Kerugian Ketika Membangun Rumah dari Nol

Kompas.com - 15/03/2018, 19:01 WIB

Setiap orang tentu memiliki cara sendiri untuk memiliki rumah impian. Mulai dari perencanaan ukuran, anggaran, hingga desain eksterior maupun interiornya.

Meskipun membeli rumah jadi lebih praktis, namun harga yang ditawarkan seringkali lebih tinggi daripada nilai bangunannya. Sebaliknya, meskipun membangun rumah sendiri memakan waktu, nilai yang didapatkan tentu akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Kunci keberhasilan dalam membangun rumah dari nol adalah perencanaan yang baik sejak awal. Bukan hanya soal desainnya, pastikan juga rumah dibangun menggunakan material yang berkualitas tinggi.

Apalagi mengingat Indonesia beriklim tropis, di mana panas terik dan curah hujan tinggi silih berganti sepanjang tahun. Elemen luar bangunan rumah harus kuat menghadapi kondisi cuaca apapun.

Salah satu elemen kunci dalam kontruksi rumah yang ideal adalah pemilihan jenis penutup atap. Sebagai garda utama yang melindungi bagian atas rumah dari panas dan hujan, pastikan atap yang digunakan kuat, tahan lama, dan tidak mudah bocor.

Menurut General Manager Kanmuri John S. L. Chang, perencanaan awal dalam membangun rumah, termasuk memilih material yang tepat untuk atap rumah, penting untuk dilakukan. Selain agar mudah dirawat, penghuni pun tidak dihantui resiko kebocoran atau kerusakan atap di masa depan.

“Jika atap sudah bocor, perbaikannya tentu tidak mudah dan sangat merepotkan. Maka itu, penting untuk memilih material yang tepat untuk atap rumah. Material yang cocok untuk derah tropis seperti Indonesia adalah genteng keramik seperti genteng Kanmuri,” tutur Chang.

-- -

Tidak seperti genteng lainnya, genteng Kanmuri dibuat dengan sistem komputerisasi yang menjamin konsistensi bentuk, mutu, dan kekuatannya. Pembakaran dilakukan dalam temperatur mencapai 1.100 derajat Celcius sehingga elemen glazur (pewarna) dan tanah liat melekat stabil dan permanen hingga puluhan tahun.

Genteng Kanmuri pun tidak memiliki pori-pori sehingga tidak menyerap air. Dengan demikian, genteng tidak akan retak, tidak bocor, kuat, dan tahan lama.

-- -

Kanmuri pun terus berinovasi mengikuti perkembangan tren desain arsitektur. Kini telah tersedia berbagai profil genteng, yaitu tipe Espanica, Milenio, dan yang terbaru tipe FullFlat. Selain profil yang tepat, Kanmuri juga menyediakan berbagai aksesoris yang memudahkan pemasangan genteng.

“Awal tahun 2015 kami telah berhasil memperkenalkan genteng keramik Kanmuri Full Flat dengan menggabungkan teknologi Jepang dan Eropa di mana Kanmuri merupakan produsen genteng pertama yang dapat melakukan inovasi tersebut,” ujar Factory Manager Kanmuri Elisa Sinaga.

Teknologi dan koleksi terbaru ini bisa dilihat langsung di booth Kanmuri pada Pameran Keramika 2018 yang digelar tanggal 15-18 Maret 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Dapatkan pula pemasangan cement free untuk atap free maintenance di pameran ini.

Selain itu, dapatkan gratis 2 nok setiap pembelian 100 genteng Kanmuri. Gunakan Kanmuri untuk perlindungan agar rumah tinggal lebih aman dan nyaman.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com