Advertorial

Ini Beberapa Alasan Mengapa China Tepat Sebagai Destinasi Studi di Luar Negeri

Kompas.com - 17/03/2018, 17:57 WIB

China saat ini mulai dilirik oleh para pelajar Indonesia sebagai destinasi untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Beberapa tahun terakhir jumlah pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di negeri tersebut pun mengalami peningkatan.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan negeri berjuluk tirai bambu tersebut dipandang sebagai alternatif destinasi yang tepat untuk melanjutkan pendidikan dan tingginya minat untuk bersekolah di sana. Apa saja?

1. Perekonomian yang sedang maju pesat

Saat ini China merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Bahkan saat ini ada kemungkinan merangkak naik menjadi yang pertama, menggeser posisi Amerika Serikat di kancah perekonomian dunia. Pertumbuhan ekonomi ini didorong juga oleh surplus demografi yang dimiliki China.

Ekspor China telah merajai dunia. Buktinya, setiap hari dalam kehidupan kita tidak mungkin dipisahkan dengan produk-produk “made in China”. Dengan begitu besarnya pengaruh perekonomian Tiongkok diseluruh dunia termasuk di Indonesia, maka peluang bisnis atau ekonomi yang ditawarkan pun sangat mengiurkan.

2. Bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa terpenting di dunia

Mengutip dari Ethnologue 21th Edition yang dipublikasikan pada 2018, bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak dipakai di dunia. Bahasa ini dipakai oleh sekitar 1,3 miliar penduduk dunia. Sementara, bahasa Inggris hanya dipakai oleh 326 juta orang. Artinya pemakai bahasa Mandarin jumlahnya empat kali lebih banyak daripada pemakai bahasa Inggris. Maka dengan menguasai bahasa Mandarin dan memakainya, kita dapat berkomunikasi dengan lebih banyak manusia di bumi ini.

Namun, tenang saja saat ini pun banyak universitas di Tiongkok yang telah menawarkan program kuliah bergelar menggunakan pengantar bahasa Inggris untuk mahasiswa internasional.

3. Biaya pendidikan murah tetapi mutu pendidikan bagus

Sebagian besar sekolah dan lembaga pendidikan tinggi di China memperoleh subsidi dari pemerintah. Subsidi ini juga diberikan kepada pelajar asing yang menuntut ilmu di China. Oleh karena itu biaya pendidikan di sana relatif murah. Namun, murah tidak berarti murahan. Kualitas pendidikan yang ditawarkan pun terbaik.

4. Biaya hidup murah

Biaya hidup seperti makan, transport, akomodasi, dan lain-lain di China masih lebih terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

5. Kesempatan untun memperluas jaringan pertemanan

Tujuan bersekolah bukan hanya ingin mendapatkan ilmu saja, tetapi juga sesuatu yang lebih.  Bersekolah di luar negeri sudah pasti akan menambah luas pergaulan. Nah, jaringan pertemanan tersebut berpotensi menjadi jaringan kerja. Bisa saja dengan jaringan pertemanan tersebut Anda memulai bisnis sambil bersekolah di sana. Selain itu, pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan di China juga bisa sekaligus memperoleh pengalaman berharga belajar budaya dan adat istiadat setempat, hingga seluk beluk yang menarik dari negara ini.

Biaya hidup dan pendidikan tidak jauh berbeda dengan di Indonesia tetapi banyak hal yang bisa didapat. Mulai dari kemampuan bahasa Mandarin, jaringan pertemanan, hingga pengalaman berharga lain.

Nah, seperti pepatah tak kenal maka tak sayang, sebelum memutuskan bersekolah di China ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal lebih jauh seluk-beluk pendidikan di sana. Cerdas Bangsa College (CB) kembali menyelenggarakan pameran pendidikan Study in China Exhibition 2018 yang bertajuk “Study in China: Great Education, Great Business Opportunities!”.

Cerdas Bangsa College adalah institusi pendidikan yang telak eksis di Indonesia selama 17 tahun dan telah dipercaya oleh ribuan orangtua untuk memberangkatkan putra-putri mereka bersekolah di China. Cerdas Bangsa College dipimpin oleh Prof. Maharani Ph.D, orang Indonesia pertama yang mendapat gelar doktorat dari China, serta memperoleh gelar profesor dari tiga universitas ternama di China.

Pameran pendidikan ini adalah agenda tahunan Cerdas Bangsa College. Sebelumnya, pameran ini telah sukses diselenggarakan di kota-kota besar di Indonesia yang antara lain adalah Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Pekanbaru, dan Yogyakarta. Jumlah kota yang dikunjungi pun semakin bertambah setiap tahunnya.

Bulan ini Study in China Exhibition 2018 akan hadir di Harris Hotel Kelapa Gading pada Minggu, 25 Maret 2018 pukul 13.00 – 19.30 WIB dan di Hotel Grand Aston City Hall Medan pada Sabtu, 24 Maret 2018 pukul 12.00 – 19.00 WIB.

Sejumlah perguruan tinggi ternama dari China akan berpartisipasi dalam pameran tahun ini. Beberapa di antaranya adalah Nankai University, Beijing Jiatong University, University Science and Technology of Beijing, Beijing Language of Culture College, Xi’An Jiatong University, Tianjin University, Shanghai Normal University, Shaoyang University,  Guangxi Teachers Education University, Shanghai University, Huaqiao University, Jinan University, East China Normal University, Raffles Jakarta, dan masih banyak lagi.

Selama pameran pengunjung dapat berkonsultasi langsung soal pendidikan yang ingin ditempuh dengan perwakilan dari setiap perguruan tinggi. Selain itu juga memperoleh gambaran tentang beasiswa, subsidi biaya hidup, seluk-beluk bersekolah di China dan keuntungan yang ditawarkan, mengikuti seminar gratis tentang beasiswa China, hingga memperoleh diskon biaya pendidikan dan pengurusan administrasi*.

Catat tanggal pamerannya dan jangan sampai ketinggalan! Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Cerdas Bangsa College melalui telepon atau Whatsapp di 081287036362. Jangan lupa ikuti akun Facebook cerdasbc, Instagram @cerdasbangsa, dan kunjungi www.cerdasbangsa.co.id.

(*) Syarat dan ketentuan berlaku

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com