Advertorial

Sejarah Toyota Yaris di Indonesia

Kompas.com - 19/03/2018, 19:01 WIB

Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Starlet yang diluncurkan pada 1985 di Indonesia merupakan cikal bakal dari Toyota Yaris. Ketika itu, Starlet tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.000 cc dan 1.300 cc.

Model kompak yang handal itu sukses menemani masyarakat Indonesia hingga 1999. Setelah beberapa tahun dari itu, tepatnya pada Februari 2006 PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung mengimpor utuh pengganti posisi Starlet dari Thailand, yakni Yaris.

Segmen yang dituju sama, yaitu anak muda atau masyarakat yang memiliki jiwa muda. Pada akhirnya, hatchback itu pun berhasil diterima dengan baik oleh konsumen di Tanah Air.

Selang beberapa tahun, dilakukan ubahan yang membuat tampilannya semakin modern dan fresh. Seperti pada 2008 yang ditambah varian TRD Sportivo, sehingga menjadikan hatchback itu lebih sporty.

Satu tahun kemudian, berdasarkan permintaan pasar Yaris mengalami minor change. Ubahan terjadi pada bagian bemper depan dan belakang, tambahan spoiler pada varian S, lampu utama serta grill.

Sektor Interior pun mengalami penyegaran dengan warna dan bahan bangku, serta Audio Steering Switch pada tipe S. Pada 2010, Yaris mengalami penyegaran pada TRD Sportivo menjadi versi dua.

Terakhir pada 2011 dengan penambahan antara lain fitur back sonar. Maret 2014, TAM kembali meluncurkan Yaris generasi terbaru dengan desain yang sama sekali baru atau lebih mengedepankan “Advanced fascinating true Hatchback”.

All New Yaris mengalami penambahan panjang 315 mm dan lebar bertambah 5 mm, namun tingginya lebih rendah 45 mm untuk mendapatkan karakter lebih aerodinamis. Paling menarik dari tampilannya, yaitu Trapezoidal Grille yang tidak hanya menghadirkan kesan stylish, namun juga memiliki unsur fungsional lebih dinamis guna membelah angin.

All New Yaris hadir dengan fitur keselamatan yang optimal di kelasnya. Antara lain ABS, EBD dan BA. Bagian penumpang sudah terlindungi Dual SRS Airbag serta Seatbelt tiga titik untuk semua penumpang.

Generasi terbaru Yaris ini diproduksi dalam negeri oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) setelah sebelumnya dari 2006 hingga 2013 Yaris di impor langsung dari Thailand.

Selanjutnya di penghujung 2016 Toyota hadirkan New Yaris dengan tampilan Stylish & Fun melalui Bumper Spoiler, Roof Spoiler, Side Stripe serta new design alloy wheel. Paling menarik, Roof Spoiler pada TRD Sportivo disematkan warna merah untuk menambah kesan sporty dan lifestyle.

Pada saat bersamaan, PT TAM juga hadirkan New Yaris Heykers dalam tema Urban Adventure dengan desain yang berbeda. Terlihat pada bumper depan, overfender, roofrail, side protection moulding, side skirt, rear spoiler dan rear bumper.

-- -


Terakhir, pada awal 2018 TAM menghadirkan New Yaris dengan tampilan yang lebih modern. Bahasa desainnya mengusung tema Sporty and Aggressive Design, sehingga memiliki garis aerodinamis modern, dan stylish.

Desain lampu utama tajam dan menyatu secara apik dengan grille utama. Headlamp New Yaris hadir dengan fitur Follow Me Home (TRD) yang berguna saat malam hari memberikan cahaya bagi penumpang saat turun menuju rumah.

Desain lower grille serta fog lamp pun menambah kesan dinamis. Dilihat dari samping, siluet New Yaris jelas berbeda dan kian modern, terutama pada varian TRD yang mendapat tambahan Rear Spoiler yang serasi dengan postur New Yaris secara keseluruhan.

Desain buritan mendapat sentuhan anyar yang makin membuat postur New Yaris menjadi sporty, baik dari kaca belakang yang landai serta rear combination lamp LED yang harmonis.

Bagian interior, New Yaris tetap memberikan kenyamanan maksimal bagi semua penumpang. Ubahan yang signifikan terlihat pada konsol tengah yang memiliki desain lekukan bagai ombak surfing. Sementara itu untuk memberikan pengalaman berkendara yang berbeda, lingkar kemudi New Yaris memiliki desain yang baru, khusus untuk grade TRD Sportivo dilengkapi dengan switch pada kedua sisi-nya.

Audio Entertainment pada New Yaris dilengkapi DVD, radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Khusus untuk tipe G & TRD Sportivo, dilengkapi dengan iPod Ready, Miracast, Weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone.

Paling penting, dari sisi keamanan dan keselamatan yang kini sudah tersedia pada semua grade. Terpasang tujuh SRS Airbag yang terdapat pada driver, driver knee, passenger, side L+R, curtain L+R.

Selain itu tersedia juga Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt warning untuk pengemudi dan penumpang, Emergency Brake Signal (TRD Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). (ADV)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com