Advertorial

Sido Muncul Ajak Masyarakat Selamatkan Sungai Citarum

Kompas.com - 19/03/2018, 22:44 WIB

Sungai Citarum adalah sungai terpanjang di Jawa Barat. Mengalir sepanjang 300 kilometer dan melalui 12 kota dan kabupaten, Citarum merupakan sumber air bagi 28 juta penduduk disekitarnya. Pemanfaatan air Sungai Citarum pun beragam. Mulai dari kebutuhan industri, pertanian, hingga konsumsi rumah tangga.

Namun ironisnya, meski memiliki peran vital dalam kehidupan masyarakat, kondisi Sungai Citarum justru memprihatinkan. Kondisi Sungai Citarum kini penuh sampah. Pencemaran tidak terjadi di sumber airnya di hulu melainkan di sepanjang daerah aliran sungai (DAS).

Mayoritas penyebabnya adalah limbah domestik. Akibat tumpukan sampah di sepanjang alirannya, ketinggian air Sungai Citarum bisa meningkat drastis dalam waktu singkat di kala debit air tinggi sehingga menyebabkan banjir.

-- -

Kondisi ini mengundang keprihatinan dari berbagai pihak, termasuk PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. Oleh karena itu, Sido Muncul berinisiatif membuat iklan terbaru Kuku Bima Energi versi “Ayo Selamatkan Citarum!” yang mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap sungai yang sempat mendapat predikat sebagai salah satu sungai paling tercemar tersebut.

Iklan terbaru Kuku Bima Energi resmi diluncurkan pada Senin (19/3/2018) di Bandung, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut Irwan Hidayat, Direktur Marketing Sido Muncul menyatakan komitmen Sido Muncul untuk menyerukan pesan kepada masyarakat agar ikut menjaga kebersihan Sungai Citarum.

"Melalui iklan ini, kami harap dapat menyadarkan masyarakat agar berpartisipasi mendukung program pemerintah memperbaiki kondisi Sungai Citarum dengan langkah kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan. Jika tidak ada partisipasi dari masyarakat, maka upaya pemerintah untuk menyelamatkan Sungai Citarum pun tidak akan berhasil," tuturnya.

Aksi Penyelamatan Sungai Citarum diawali dari ide yang diprakarsai oleh Pangdam III Siliwangi Doni Monardo. Iklan ini menjadi wujud dukungan terhadap aksi tersebut dan kepedulian Sido Muncul terhadap lingkungan hidup.

-- -

Iklan Kuku Bima Energi versi “Ayo Selamatkan Citarum!” dibintangi oleh brand ambassador Kuku Bima Energi yaitu Donny Kesuma, Binaragawan Ade Ray, dan Putri Indonesia 2016 Kezia Warouw. Jembatan Cigara dan kilometer nol Citarum menjadi lokasi pengambilan gambar untuk iklan ini.

Iklan ini menggambarkan kondisi hilir dan daerah aliran Sungai Citarum yang memprihatinkan karena penuh sampah. Kontras dengan kenyataan bahwa kondisi sumber air Sungai Citarum di daerah Cisanti masih dalam keadaan murni tidak tercemar.

Melalui iklan ini, Sido Muncul berharap dapat membantu menyukseskan upaya pemerintah untuk menjernihkan kembali Sungai Citarum. Sebagai sumber air bagi masyarakat, Sungai Citarum harus dipelihara agar bisa menjadi sumber kehidupan di masa depan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com