Advertorial

Sepak Terjang Toyota Yaris di Dunia Balap Internasional

Kompas.com - 21/03/2018, 21:42 WIB

Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Yaris merupakan hatchback yang punya banyak keunggulan. Selain nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari di jalan raya, mobil ini juga punya kemampuan terbaik di lintasan balap, khususnya pada ajang balap dalam skala internasional.

Salah satu contoh dua pebalap Toyota Team Indonesia, yaitu Alinka Hardiyanti dan Haridarma Manoppo, ikutan balapan di ajang Toyota Gazoo Racing, yang digelar di Sirkuit Fuji Speed Way Jepang.

Toyota Gazoo Racing merupakan ajang one make race internasional, tempat pebalap Toyota dari berbagai negara memacu kemampuan balapnya menggunakan mobil Toyota.

- -

Pebalap TTI, Alinka turun di kelas Netz Cup Vitz Race, memacu Toyota Vitz XP130 atau di Indonesia dikenal dengan nama Yaris. Pada kelas ini, spesifikasi mobil yang digunakan relatif standar seperti yang dipasarkan untuk umum dengan modifikasi terbatas.

Toyota Vitz yang digunakannya itu memiliki banyak kemiripan dengan Yaris standar. Terbukti selama mengikuti balapan, hasil yang diraih Alinka cukup bagus, karena sebelumnya dia juga giat berlatih menggunakan Toyota All New Yaris di Sirkuit Sentul.

Catatan waktu Alinka di Sirkuit yang memiliki panjang 4.563 meter, serta 16 tikungan ini cukup baik, yaitu  2 menit dan 18 detik. Hasil itu membuktikan bahwa Yaris versi standar punya kemampuan atau performa tinggi di lintasan balap.

Bahkan pada 2016 Alinka masuk dalam grand final ajang One Make Race International Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com