Advertorial

Tips Beli Furnitur Bekas dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Kompas.com - 22/03/2018, 10:00 WIB

Punya rencana untuk percantik rumah dengan aneka furnitur? Kalau harga baru tidak masuk bujet, beli furnitur bekas bisa jadi solusinya. Makin ringan lagi kalau andalkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo. Jadi, nggak perlu tunggu uang tabungan cukup atau bahkan kuras tabungan untuk beli tunai.

Cari furnitur yang cocok dengan selera dan kondisi rumah sebenarnya gampang-gampang susah. Utamanya, Anda perlu tahu persis detail ukuran ruangan yang akan diisi oleh furnitur. Dengan begitu, Anda bisa menimbang-nimbang ukuran furnitur yang sesuai untuk ruangan tersebut agar pas dan enak dipandang.

Kalau Anda memutuskan untuk beli furnitur bekas dengan cicilan tanpa kartu kredit, maka cara terpraktisnya adalah dengan mencari barang di merchant online seperti Prelo, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Namun, selain kondisi rumah dan bujet, lima tips berikut sebaiknya juga turut Anda pertimbangkan jika ingin beli furnitur bekas dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Di merchant online mana saya harus beli furnitur bekas?

Sudah terpintas di pikiran produk furnitur apa yang mau dibeli? Atau masih mau cari-cari inspirasi? Agar menghemat waktu dan tenaga, berselancar di berbagai merchant online bisa jadi pilihan terbaik dibanding pergi ke toko konvensional. Cukup modal internet dan gadget, dari rumah, Anda sudah bisa cari-cari furnitur bekas yang kira-kira cocok untuk menghias ruangan di rumah.

Salah satu merchant online yang menjual furnitur bekas lengkap adalah Prelo. Begitu juga dengan merchant online ternama seperti Tokopedia dan Bukalapak. Anda tinggal mencari berdasarkan kategori atau dengan kata kunci tertentu, misalnya “Sofa Bekas”.

Yang paling utama, pastikan bahwa merchant online memiliki situs resmi yang berawalan https, aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store, alamat kantor yang jelas, serta tim customer service yang valid dan dapat dihubungi. Anda juga bisa mengecek reputasi merchant online di forum-forum, ulasan pelanggan, dan tingkat rating.

Prelo, Tokopedia, dan Bukalapak adalah tiga dari 150 lebih merchant online ternama yang sudah bekerja sama dengan Kredivo dalam menyediakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit. Pastinya, nggak pakai DP atau pun biaya admin. Jadi, lebih hemat dan praktis.

Bagaimana cara pilih fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang tepat?

Selain reputasi, keamanan data pribadi dan data transaksi juga jadi faktor penting yang harus Anda perhatikan, sebelum memilih fasilitas cicilan tanpa kartu kredit. Umumnya, merchant online akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk bisa menyediakan fasilitas ini, salah satunya dengan Kredivo.

Dengan Kredivo, semua data pribadi Anda dienkripsi, jadi keamanannya sangat terjamin. Syarat dan proses daftar akun Kredivo juga mudah dan serba online. Anda yang merupakan WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta perbulan, serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan, sudah bisa daftar akun Kredivo dengan mengunduhaplikasinya di Google Play Store atau App Store terlebih dulu.

Kredivo juga memiliki situs resmi berawalan https yang bisa Anda akses kapan pun. Situs dengan awalan https tentu lebih memiliki jaminan keamanan yang baik dalam melindungi data dan transaksi konsumen.

Selain itu, bunga cicilan yang ditawarkan Kredivo juga lebih rendah dibanding perusahaan multifinansial lain, hanya 2,95 persen per bulan dan pihan tenor beragam yaitu 3, 6, dan 12 bulan. Kalau pilih opsi “Bayar dalam 30 hari”, Anda tidak akan dikenakan bunga sama sekali alias 0 persen.

Bagaimana kondisi barang?

Setelah yakin dan sudah tentukan pilihan furnitur, sekarang waktunya mengecek kondisi barang secara keseluruhan. Meski beli dengan belanja online cicilan tanpa kartu kredit, jangan sampai lengah dan percaya begitu saja dengan gambar yang tertera di situs merchant.

Anda bisa manfaatkan fitur chat dengan penjual yang tersedia di merchant. Tanyakan semua hal terkait furnitur yang ingin Anda beli dengan detail mulai dari tahun produksi, tahun beli, jenis bahan dan kayu yang digunakan, berapa lama masa pakai, pernah rusak atau tidak. Kalau perlu, minta penjual untuk memotret bagian-bagian yang krusial seperti bagian bawah, belakang, atau area kaki, jangan hanya bagian depan atau dalam saja.

Berapa harga produk furnitur baru?

Jika sudah yakin dengan kondisi barang, Anda sebaiknya juga mengecek kisaran harga baru untuk produk furnitur yang sama yang ingin Anda beli. Untuk barang bekas, biasanya perbedaan harga dengan barang baru mencapai 50 hingga 70 persen.

Namun, kembali lagi pada masa pakai dan kondisi barang. Semakin sebentar masa pakai dan tidak ada cacat, maka kemungkinan harga furnitur bekas tersebut masih tinggi atau hanya beda 20 hingga 30 persen saja dari harga baru.

Apabila harga baru dan bekas ternyata tidak jauh beda, tidak ada salahnya untuk membeli furnitur yang baru sekalian, kan?

Apakah saya bisa dapat garansi?

Sebagai antisipasi dari beli furnitur bekas online dengan kredit tanpa kartu kredit, Anda perlu memastikan perihal garansi furnitur bekas kepada penjual. Pastikan juga merchant online tempat Anda kredit memiliki kebijakan yang jelas terkait retur atau pembatalan pembelian.

Paling tidak, mintalah garansi beberapa hari sejak barang tiba di rumah Anda. Sebab, Anda tentu perlu mengecek kondisi furnitur bekas secara keseluruhan, kan? Pastikan bahwa yang dikatakan penjual serta deskripsi barang yang ada di merchant sesuai dengan kondisi nyata yang Anda lihat. Jika tidak, Anda berhak untuk mengajukan klaim garansi sesuai yang disepakati di awal dengan penjual.

Jika memilih Kredivo sebagai metode pembayaran ketika mengambil cicilan tanpa kartu kredit, Anda memiliki keuntungan tambahan. Anda bisa melihat kondisi barang terlebih dahulu tanpa perlu mengeluarkan dana sepeser pun. Apabila kondisi furnitur bekas yang dibeli tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinformasikan, maka Anda bisa menukarnya sesuai syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama penjual di awal. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com