Advertorial

Prestasi Gemilang Toyota Yaris di Ajang WRC

Kompas.com - 22/03/2018, 18:28 WIB



Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Yaris punya segudang prestasi dikancah balap internasional. Selain mengukir lewat ajang Toyota Gazoo Racing, hatchback jagoan Toyota ini juga harum di kejuaran World Rally Championship (WRC).

Prestasi gemilang itu diukir sejak 1999 sampai terakhir pada tahun 2017 melalui pebalap Jari-Matti Latvala di WRC Swedia. Lintasan bersalju Swedia yang pada etape awal berjarak 331,74 km (dari total 1415,18 km) sendiri memang memberikan tantangan bagi para pereli.

Namun, berkat kemampuan pereli dan juga spesifikasi Yaris yang mumpuni maka berhasil melibas tantangan dengan lancar, sampai akhirnya naik podium. Bukan hanya di Swedia, Yaris versi WRC ini juga berkuasa pada seri Finlandia.

- -

Toyota Yaris WRC berdasarkan data dari Toyota Gazoo Racing, menggendong mesin berkapasitas 1.600 cc, turbo 4 slilinder, yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal 380 tk pada semua rodanya.

Toyota Gazoo Racing bersama Team Principal Tommi Makinen mengoperasi karakter hatchback ini sehingga bertransformasi menjadi mesin balap paling buas di WRC tahun 2017.

Sementara untuk 2018 ini, Toyota Gazoo Racing World Rally Team, baru saja meluncurkan mobil balap Toyota Yaris WRC 2018, dalam ajang Autosport International Show di Birmingham, England. 

- -


Tahun ini juga sekaligus menjadi yang kedua bagi perjalanan Toyota menciptakan mobil yang lebih kompetitif, setelah debut gemilang di tahun lalu.

Yaris WRC 2018 terlihat jauh lebih agresif. Terutama dengan desain aerokit pada bemper depan dan fender.

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com