Advertorial

Toyota Yaris di Dunia Balap Nasional

Kompas.com - 23/03/2018, 14:00 WIB



Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Yaris merupakan hatchback yang punya banyak prestasi, terutama di dunia balap nasional dan internasional. Ajang di luar negeri, seperti Toyota Gazoo Racing, hingga Wolrd Rally Championship (WRC), serta di dalam negeri mengikuti balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

Bersama Toyota Team Indonesia (TTI) dan juga para pebalap seperti Haridarma Manoppo, sampai Alinka Hardianti, Toyota Yaris selalu mendominasi ajang balapan bergengsi ISSOM, yang diadakan rutin setiap tahun di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Setiap tahun, selalu mengantongi prestasi termasuk tahun lalu Toyota Yaris yang dikendarai Haridarma berhasil unggul dari para pebalap lain dengan catatan waktu 22 menit 26,111 detik.

Prestasi itu bahkan menjadikan Haridarma sebagai pebalap tidak terkalahkan dalam dua putaran kejurnas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1.600 MAX menggunakan Toyota Yaris. 

Toyota Yaris di tangan Alinka juga memperoleh prestasi gemilang, tahun lalu berhasil mendapatkan posisi ke empat dan mengalahkan beberapa pebalap lain dengan perolehan waktu 23 menit 5.572 detik. Pencapaian itu sekaligus mengikat jauh dari round pertama di mana Alinka mendapatkan urutan ke delapan.

Para pebalap TTI menilai bahwa Toyota Yaris ini mampu memenuhi ekspetasi dalam mengikuti setiap ajang balap nasional maupun internasional. Hatchback jagoan Toyota ini begitu lincah dan mumpuni diajak bermanuver, bahkan sampai tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Balapan tahun ini, para pebalap TTI akan langsung mengendarai New Yaris yang baru diluncurkan pada Februari 2018. 

Menurut Memet Djumhana, Chief Engineering Toyota Team Indonesia (TTI) bahwa selain livery baru, sektor jantung pacu New Yaris juga baru sehingga bisa lebih maksimal dalam mendapatkan prestasi di tahun ini.

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com