Advertorial

Bingung Membuat Desain Produk Cetak? Gunakan Gogoprint Template Editor

Kompas.com - 04/04/2018, 13:30 WIB

Ada banyak produk cetak yang bisa dipilih menurut kebutuhan personal ataupun bisnis, misalnya kartu nama, flyer, kalender, brosur, kop surat, poster, kartu undangan, menu, pembatas buku dan lainnya. Akan tetapi, semua produk cetak yang Anda buat wajib memiliki desain catchy alias menarik supaya mudah dilirik penerima dan memberikan kesan positif.

Berniat membuat produk cetak namun bingung menentukan desain yang pas? Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan Gogoprint Template Editor untuk membuat desain produk cetak sesuai kebutuhan sebelum mencetaknya secara online di Gogoprint.

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut langkah-langkahnya.

1.   Download file Gogoprint Template Editor gratis

Sebelum membuat desain produk cetak, silakan unduh Gogoprint Template Editor secara gratis di Gogoprint.co.id. Template tersebut tersedia dalam format .zip dan memiliki ukuran besar. Untuk itu, pastikan bahwa Anda menggunakan jaringan internet stabil dan perangkat yang memadai.

Sebagai contoh, Anda bisa mengunduh file Gogoprint Template Editor untuk pembuatan kalender custom dalam format .ai yang berisikan beberapa halaman kalender misalnya 14 halaman atau 8 halaman.

2.   Membuat cover

Langkah selanjutnya, silakan buat cover untuk produk cetak Anda. Pada contoh pembuatan kalender, Anda bisa personalisasi dengan memasukkan gambar yang relevan dengan Anda.  Untuk keperluan bisnis, tentunya perlu memasukkan berbagai hal yang berhubungan dengan citra perusahaan.

Cara menambahkan gambar sangatlah mudah. Di sini, Anda cukup lakukan ungroup gambar pada template, lalu hapus gambar-gambar yang tidak dibutuhkan. Selanjutnya, copy gambar yang ingin Anda tambahkan dengan menyeretnya pada template.

Jika Anda tidak  memiliki gambar relevan untuk dimasukkan dalam desain produk cetak, Anda bisa mengunduhnya melalui website yang menyediakan vektor gratis seperti Freepik, Dryicons, atau Freevectors.

Jika Anda sudah memiliki gambar untuk dipasangkan pada template desain, pastikan pula bahwa resolusi gambar tersebut setidaknya 300 dpi supaya hasil cetak lebih maksimal.

Pada pembuatan cover produk, Anda juga bisa mengubah ukuran, jenis, dan warna huruf. Khusus untuk pembuatan desain kalender,  Anda bisa menambahkan gambar berbeda di setiap halaman, bisa juga ditambahkan elemen tertentu sehingga tampak lebih menarik.

3.   Simpan file desain

Jika proses pembuatan desain sudah selesai Anda lakukan, Anda wajib menyimpannya ke dalam perangkat. Disarankan, Anda menyimpan file desain dalam bentuk PDF sehingga meminimalisir kerusakan saat proses cetak dan menjaga kualitas desain secara maksimal saat di cetak.

4.   Cetak desain Anda dengan Gogoprint

Langkah terakhir tentunya mencetak desain yang sudah Anda buat menggunakan Gogoprint Template Editor. Cukup mengakses Gogoprint.co.id dan memerlukan waktu selama 5 menit saja, Anda bisa mencetak desain yang telah dibuat tanpa harus keluar rumah.

Untuk prosesnya sendiri, Anda hanya tinggal registrasi akun, memilih jenis produk cetak yang diinginkan, unggah desain yang sudah dibuat, memilih format ukuran yang diperlukan, menentukan jenis kertas, pemilihan sentuhan akhir seperti laminasi matte atau glossy, serta kuantitas barang. Kemudian, produk cetak pun akan dikirimkan ke alamat Anda dengan estimasi waktu yang dipilih saat melakukan order.

Berkat Gogoprint Template Editor, Anda bisa membuat berbagai desain produk cetak dengan sangat mudah dan cepat. Tak hanya itu, proses cetak pun semakin efisien karena kehadiran inovasi cetak online Gogoprint yang ekonomis, berkualitas, dan transparan.  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com