Advertorial

Mengenal Fitur Keselamatan “Whiplash Injury Lessening” di New Yaris

Kompas.com - 09/04/2018, 11:00 WIB

Jakarta, KOMPAS.com – Toyota Indonesia sudah memproduksi New Yaris secara lokal sejak awal 2018 lalu. Meluncur pada pertengahan Februari lalu, model hatchback andalan Toyota ini punya segudang fitur-fitur, salah satunya penunjang keselamatan berkendara.

Mulai dari 7-SRS Airbag yang terdapat pada pengemudi, driver knee, passenger, side L+R, curtain L+R.  Lalu ada juga vehicle stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt warning untuk pengemudi dan penumpang, Emergency Brake Signal (TRD Grade), 3-point seatbelt untuk semua penumpang serta Whiplash Injury Lessening. Lalu Anti-lock Braking System (ABS), yang dilengkapi dengan teknologi Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Dari beberapa fitur tersebut mungkin beberapa sudah tak asing di telinga, tapi ada satu yang kenyataannya cukup jarang didengar, dan cukup mencuri perhatian dan menarik untuk di bahas, yaitu Whiplash Injury Lessening (WIL).

WIL ternyata merupakan konsep jok yang didesain khusus, sesuai struktur tubuh untuk meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang, terutama pada saat mobil ditabrak dari belakang.

Cedera pada saat kecelakaan dapat terjadi salah satunya akibat kondisi kepala dan badan bergerak secara berlawanan, yang berdampak pada bagian leher dan tulang belakang. Hal ini mendorong Toyota untuk terus berinovasi dalam melakukan pengembangan seperti pada kursi.

Toyota mendesain posisi sandaran frame serta memadatkan jok, untuk itu Toyota meningkatkan fitur keselamatan dan keamanan kursi melalui Whiplash Injury  Lessening (WIL). Kursi dengan konsep WIL dihadirkan pada beberapa produk Toyota seperti New Yaris, Yaris Heykers dan Vios.  

Kursi WIL juga memiliki struktur bingkai yang didesain mengikuti lekuk tubuh pengemudi dan penumpang baris depan. Desain tersebut berkerja untuk menimbulkan efek tenggelam ke dalam kursi demi melindungi penumpang dan pengemudi. Sementara, tingkat kekakuan sandaran kursi dan frame bekerja secara bersamaan untuk membatasi gerak pinggang dan kepala.

Berdasarkan pengujian dengan Toyota Human Model for Safety (THUMS), kursi WIL memperkecil cedera saat kecelakaan dengan kecepatan rendah, serta melindungi cedera pada bagian kepala dan dada secara bersamaan. Lebih dari itu kursi WIL menambahkan nilai estetika dengan memberikan nuansa sporty, juga mampu meningkatkan kenyamanan berkendara terutama jarak jauh.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com