Advertorial

Vivid Sydney 2018 Datang, Ini Bocoran 10 Aktivitas yang Wajib Dijajal

Kompas.com - 10/04/2018, 19:15 WIB

Vivid Sydney, sebuah festival cahaya, musik, dan gagasan, selalu berhasil mencuri perhatian dunia. Bagaimana tidak, selama festival ini berlangsung, wajah kota Sydney, Australia menjadi semakin cantik dan memukau.

Bisa dibilang, festival yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini merupakan salah satu tujuan utama orang-orang datang ke Sydney. Pendar warna-warni yang unik nan mengagumkan mengundang orang dari berbagai penjuru dunia untuk melihat dan merasakan langsung indahnya momen ini.

Terbukti, Vivid Sydney konsisten dilaksanakan selama 10 tahun sampai dengan tahun ini. Meski usianya sudah sampai satu dasawarsa, Vivid Sydney selalu menyuguhkan sajian aktivitas yang segar.

Vivid Sydney 2018 bakal terselenggara pada 25 Mei sampai 16 Juni 2018. Bocorannya, bakal ada 10 aktivitas dan instalasi seni seru yang bisa dinikmati dan wajib dijajal saat berkunjung ke sana bersama pasangan, keluarga, atau teman-teman.

1. BALLpit

BALLpit BALLpit

Vivid Sydney sanggup menyulap sebuah bangunan bersejarah tertua kedua di Sydney, bernama Cadmans Cottage, menjadi begitu atraktif. Dulunya, bangunan ini merupakan tempat tinggal untuk para pelaut, yang didirikan pada tahun 1816. Layaknya gedung tua, Cadmans Cottage sehari-hari tampak biasa saja, polos, dengan cat dinding putih dan atap coklat.

Namun, selama Vivid Sydney berlangsung, Cadmans Cottage bakal menjadi area aktivitas BALLpit, yaitu sebuah ruang tempat para pengunjung dapat berenang, melompat, menari dalam ruangan yang dipenuhi puluhan ribu bola mainan virtual. Permainan visual ini memungkinkan pengunjung berimajinasi menciptakan gerakan-gerakan indah, dengan bola virtual yang dinamis mengikuti lekuk tubuh pengunjung.

2. The Garden of Sweeties

The Garden of Sweeties The Garden of Sweeties

Datang ke Vivid Sydney bersama anak-anak? Kalau begitu jangan lupa main ke area The Garden of Sweeties. Di sini adalah tempat untuk belajar banyak tentang bagaimana panel surya bubuk luminescent, dan energi mekanik dapat digunakan sebagai sumber energi baru.

Meskipun area ini terkesan “serius”, namun visualnya sama sekali tidak. Justru The Garden of Sweeties jadi ruang belajar yang menarik, sebab para seniman menciptakan instalasi bentuk aneka permen sebagai medium untuk anak-anak mengenal pengetahuan baru. Dengan kata lain, The Garden of Sweeties bisa menjadi titik yang tepat untuk mendidik dan membangun kesadaran lingkungan dengan cara mudah. Tujuan jangka panjangnya, demi mempersiapkan anak-anak menghadapi tantangan masa depan.

3. Aqueous

Aqueous Aqueous

Aqueous diartikan sebagai jalur cahaya berkelok-kelok yang interaktif di siang atau malam hari. Saat pengunjung berinteraksi di jalur ini, akan muncul reaksi terhadap refleksi, pergeseran warna, dan cahaya yang ada. Artinya, saat pengunjung melintas atau bergerak, jalur tersebut akan berubah warna.

Supaya semakin seru, saat berkunjung ke area Aqueous, tipsnya, pengunjung sebaiknya bergerak aktif seperti melangkah, berlari, melompat, atau bermain di sepanjang jalur. Dijamin, aktivitas ini bakal disukai anak-anak yang sedang gemar-gemarnya bergerak.

4. Light Walk di Luna Park

Light Walk Light Walk

Penampilan Luna Park di Sydney memang sudah atraktif. Namun, selama Vivid Sydney berlangsung, keadaannya bakal semakin apik berkat adanya Light Walk yang terbentang luas.

Pengunjung bisa menyaksikan proyeksi skala besar di fasad Coney Island. Proyeksi cahaya ini menampilkan visualisasi sejarah, sihir, kreativitas, teknik, fantasi, dan imajinasi yang hidup di tempat ini.

Menariknya lagi, kincir yang menjadi ikon Luna Park akan dinyalakan untuk pertama kalinya pada ajang Vivid Sydney ini. Yang pasti, pendar dari kincir ini akan amat mengagumkan.

5. Jalur warna-warni di Royal Botanic Garden Sydney

Royal Botanic Garden Sydney dihiasi lampu warna-warni. Royal Botanic Garden Sydney dihiasi lampu warna-warni.

Royal Botanic Garden Sydney akan diterangi oleh lampu-lampu yang cerah dan berwarna. Instalasi cahaya juga semakin sempurna dengan suara interaktif yang disebut Parrot Party. Fitur ini akan membawa pengunjung melalui lingkungan nokturnal yang menyenangkan saat burung-burung mengobrol, berkicau, dan bernyanyi.

6. Lighting of the Sails di Sydney Opera House

Lighting of the Sails Lighting of the Sails

Atap Opera House di Sydney, New South Wales, Australia, yang biasanya putih bisa berubah jadi warna-warni. Bagai tradisi, selama festival Vivid Sydney, bangunan ini seolah-olah menjadi layar tempat memantulkan proyeksi cahaya yang dinamis.

Seperti biasa, proyeksi cahaya akan menampilkan motif khas Australia dan benda sehari-hari. Untuk tahun ini, tema Lighting of the Sails bakal “dilukiskan” di atap Sydney Opera House. Kreasi seni ini dibuat oleh seniman kawakan Australia, Jonathan Zawada.

7. Paduan seni dan teknologi di Darling Harbour

Museum Maritim Australia Museum Maritim Australia

Menyaksikan pertunjukan ini, berarti Anda siap berkunjung ke alam fantasi. Di Darling Harbour, pengunjung bisa menikmati pertunjukan cahaya, laser, dan sensasi menyelam di lautan.

Ditambah lagi, pengunjung berkesempatan menyaksikan kehidupan dunia bawah laut berkat proyeksi tontonan dari BBC Earth dan Blue Planet II dari Sir David Attenborough yang  bakal disorotkan ke atap Museum Maritim Australia. 

8. Pertunjukan musik di Vivid LIVE

Ice Cube Ice Cube

Vivid Sydney juga menyuguhkan sajian musik dalam sesi Vivid LIFE. Sydney Opera House didaulat sebagai tuan rumah untuk penampilan musik dari sejumlah musisi kenamaan, di antaranya ikon pop Amerika Mazzy Star, Ice Cube, Solange Knowles, penyanyi rock dan penulis lagu terkenal, Cat Power, dan masih banyak lagi.

9. Creative Thinking & Inventing for Kids

Bukan hanya unggul dengan instalasi seni yang penuh estetika dan menghibur, Vivid Sydney juga menyajikan sesi penuh isi buat anak-anak. Dalam sesi lokakarya Creative Thinking & Inventing for Kids, anak-anak berusia 9 sampai 12 tahun dilatih untuk menciptakan solusi kreatif atas masalah-masalah yang dihadapi.

Selama dua jam, lokakarta ini memperkenalkan anak-anak ke proses desain berpkir dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sesi Creative Thinking & Inventing for Kids dijadwalkan terselenggara pada 9 Juni 2018.

10. {Programme the Future} dengan Code Club Australia

{Program Your Future} adalah acara yang diperuntukkan bagi anak-anak dan orang tua untuk memprogram dunia mereka. Sebagai salah satu persembahan dari Code Club Australia, hackathon sehari penuh ini adalah tempat yang sesuai bagi anak-anak yang siap untuk menjelajahi inovasi, seni, dan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika). Selama satu hari, peserta bekerja sama mengembangkan keterampilan komputasi, berpikir kritis, dan kecakapan kewirausahaan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com