Advertorial

Cerita Singkat Proses Pembuatan Yaris TRD Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 11/04/2018, 17:00 WIB

Jakarta, KOMPAS.com – Sentuhan lokal New Yaris tak hanya mentok di produksinya saja yang dilakukan lokal oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dengan TKDN sampai 75 persen. Lebih dari itu, untuk varian TRD Sportivo atau yang tertinggi, ternyata merupakan hasil racikan dari desainer dalam negeri.

Adalah Akbar Juniarto yang merupakan Styling Design Officer, Toyota Astra Motor (TAM) yang berada di balik Yaris TRD Sportivo. Tugas yang dilakukannya saat ini di TAM merancang body kit berupa front bumper, side skirt, rear bumper, roof spoiler, sticker dan juga termasuk side visor, karpet dan user interface di head unit, untuk beberapa model mobil Toyota.

Bercerita soal New Yaris TRD Sportivo, Pria berusia 29 tahun ini mengatakan kalau inspirasi desain New Yaris varian TRD Sportivo, justru berasal dari tema dasar model original mobil Yaris itu sendiri. Itu bisa dilihat dari karakter bentuk dan garis pada Yaris sangatlah kuat dan khas.

“Karena itu saya mengambil tema Daily Sportster untuk varian Yaris TRD ini. Makna dari daily sportster adalah mobil ini memiliki citra yang kuat layaknya mobil yang sedang berlari di sirkuit, tapi tetap terlihat nyaman dan cocok menunjang kebutuhan sehari hari, sehingga saya mendesain body kit tersebut dengan image bold and fluid untuk memperkuat tema tersebut,” kata Akbar kepada Kompas.com, Kamis (5/4/2018).

Tak selalu berlangsung mulus, dalam prosesnya Akbar ternyata mengaku mendapati sedikit ganjalan. Meski begitu, dirinya berhasil keluar dari situasi tersebut dan Voila! New Yaris TRD Sportivo, sudah berwujud dan siap dipinang.

“Bagian tersulit yaitu saat proses pencarian ide, bagaimana kita bisa mendesain body kit dengan desain yang harmonis dan seimbang, sehingga tidak membuat Yaris terlihat berlebihan (menor). Lebih dari itu desain yang kami rancang harus memenuhi standar safety serta quality dari Toyota yang cukup tinggi,” kata Akbar.

“Lebih dari itu, yang menarik dari New Yaris dengan body kit TRD ini, didesain, dirancang dan diproduksi oleh anak bangsa, spesial untuk market Indonesia, jangan malu untuk memakai produk-produk buatan Indonesia,” ucap Akbar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com