Advertorial

Kendaraan Komersial, Lebih Baik Beli atau Sewa?

Kompas.com - 15/04/2018, 10:42 WIB

Ketika memiliki usaha yang memerlukan pengiriman logistik kebutuhan akan kendaraan komersial seperti light truck, mobil box, atau mobil pick-up tidak dapat dihindari. Jenis-jenis kendaraan ini akan membantu mempermudah dan mengefisienkan pengantaran barang hasil produksi atau dagangan yang biasanya dilakukan dalam jumlah besar.

Namun, omong-omong soal kendaraan komersial ada satu dilema yang kerap menjadi bahan pemikiran pemilik usaha. Lebih baik beli atau sewa? Sebenarnya kedua-duanya sama-sama baik.

Secara finansial menyewa kendaraan komersial memang lebih baik bagi pemilik usaha yang baru merintis. Namun, ketika usaha sudah mulai berkembang dan mapan, membeli kendaraan komersial juga bisa memberi beberapa keuntungan bagi operasional usaha. Apa saja?

Menambah aset

Kendaraan termasuk dalam aset bergerak. Jadi, jika membeli kendaraan komersial otomatis aset perusahaan bertambah. Kelancaran operasional pun akan ikut terdongkrak sehingga usaha pun bertumbuh.

Keleluasaan menggunakan

Memiliki kendaraan komersial sendiri membuat pemilik usaha lebih leluasa, tidak tergantung pada perusahaan penyedia rental kendaraan. Transportasi logistik atau barang dagangan bisa diatur sesuai dengan pola yang diinginkan.

Jika kendaraan operasional sudah jadi milik, maka secara otomatis pemilik usaha juga bisa memonitor sendiri perawatannya. Tanggung jawab untuk menggunakan dengan hati-hati atau merawat pun akan muncul sehingga kendaraan lebih aman untuk digunakan.

Bisa memberi tambahan pemasukan

Kendaraan komersial yang sedang tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan dengan disewakan.

Biaya besar diawal tapi kegunaannya berjangka panjang

Membeli kendaraan komersial berarti pemilik usaha harus mengeluarkan biaya besar. Selain itu masih ada kemungkinan penyusutan nilai seiring dengan lamanya penggunaan. Namun, kendaraan operasional kegunaannya bersifat jangka panjang. Jika dirawat dan dipergunakan dengan hati-hati umurnya akan lebih lama.

- -

Agar lebih untung lagi pemilik usaha juga bisa memanfaatkan beragam promo yang tersedia dari produsen. Misalnya saja seperti program “Bebas Pilih 1 Promo”  yang ditawarkan Isuzu pada periode 1 April – 31 Mei 2018.

Untuk setiap pembelian Isuzu ELF pelanggan setia Isuzu boleh memilih untuk memanfaatkan satu dari empat promo yang ditawarkan. Keempat promo tersebut antara lain adalah bayar cicilan mulai bulan pertama dan kedua gratis atau gratis cicilan bulan ketiga, tenor cicilan hingga lima tahun, uang muka ringan mulai dari 5 persen dan gratis bak atau box, serta cicilan super ringan.

Program ini diselenggarakan Isuzu untuk mempermudah pebisnis Indonesia dalam memperoleh kendaraan komersial. Sekaligus untuk mendorong pertumbuhan usaha di Indonesia.

“Isuzu Indonesia ingin selalu memberikan kemudahan untuk para pebisnis di Indonesia dengan memberikan fasilitas cicilan yang ringan serta uang muka yang kompetitif, biaya perawatan yang murah, dan juga gratis layanan servis untuk para customer Isuzu,’’ ujar Yohanes Pratama,  General Manager Sales Isuzu Indonesia.

Tunggu apa lagi? Segera manfaatkan program “Bebas Pilih 1 Promo” untuk memperoleh kendaraan komersial. Kunjungi dealer Isuzu terdekat atau hubungi Layanan Konsumen Isuzu di 0807 1700 700. Beli Isuzu ELF sekarang, bebas pilih satu promo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com