Kilas

Pemkab Trenggalek Laksanakan Seleksi Satpol PP dan Anggota Damkar secara Online

Kompas.com - 23/04/2018, 14:26 WIB

TRENGGALEK,KOMPAS.com – Proses seleksi tenaga penunjang kegiatan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur telah usai.

Dari 181 yang lolos tahapan seleksi sebelumnya ,ada 142 peserta yang hadir dalam tes terakhir Minggu (22/4/2018).

Dari total peserta ini hanya diambil 42 orang tenaga penunjang saja.

“Banpol Putra nya 21 banpol putrinya 11 orang, dan tenaga penunjang di damkar 10 orang,” kata Plt Sekda Trenggalek, Kusprigianto.

Untuk sementara, personel yang lolos seleksi ini akan difokuskan di wilayah perkotaan.  Hal ini, mempertimbangkan keterbatasan tenaga penunjang kegiatan di satuan tugas saat ini.

Nantinya, personel baru ini akan mendapatkan pembekalan peningkatan kualitas.

Tiga

Pemerintah Trenggalek melibatkan pihak ketiga dalam melakukan rekruitmen tenaga penunjang kegiatan pada satpol PP dan damkar ini. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dipilih sebagai perguruan tinggi yang menangani proses pengadaan atau rekruitmen tersebut.

Ada empat tim yang diterjunkan oleh Unesa untuk melaksanakan rekruitmen ini yakni antara lain pewawancara, administrasi, dan teknologi informasi.

Prof. Jojo Suparjo, Pembantu Rektor Bidang Perencanaan Unesa mengatakan, tahapan akhir dalam rekrutmen ini menggunakan Computer Asisted Test (CAT). Sehingga, semua proses penilian dilakukan secara komputerisasi dan terjamin objektifitasnya.

“Jadi hasil tesnya bisa diketahui saat itu juga oleh peserta,” katanya.

Hasil tes tersebut bisa diketahui oleh semua orang lantaran disajikan secara online atau dalam jaringan.

“Menggunakan aplikasi ini, tidak ada istilah titipan titipan, semuanya transparan,” paparnya.

Sistem atau aplikasi ini hanya terkendala jika sarana yang digunakan untuk melaksanakannya (komputer) mengalami gangguan.

Untuk itu pula, pemerintah Trenggalek memanfaatkan laboratorium komputer Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Trenggalek yang sudah biasa digunakan untuk ujian sekolah. (KONTRIBUTOR TRENGGALEK/SLAMET WIDODO)


Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com