Advertorial

Temukan Tujuan Hidupmu melalui "1.000 Orang Kebelet Hidup!"

Kompas.com - 26/04/2018, 17:51 WIB

Dewasa ini, masih banyak orang yang masih belum mengenal lebih dalam akan jati dirinya. Ironisnya, mereka tidak tahu apa keinginan mereka sebenarnya dalam hidup ini yakni keinginan yang seharusnya datang dari dalam diri sendiri, bukan berdasarkan apa yang orang lain inginkan untuk diri mereka.

Mereka pun tidak mengerti apakah yang mereka lakukan saat ini sudah sesuai dengan keinginan dan tujuan hidupnya. Tidak sedikit pula pemuda menghadapi quarter life crisis, dimana mereka mengalami kebingungan dalam menentukan apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah. Mereka pun akhirnya asal bekerja bahkan tidak jarang berujung pada pengangguran.

Menyadari hal tersebut, Insight Out, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dengan berfokus pada 3 area, passion, purpose dan culture, akan mengadakan "1.000 Orang Kebelet Hidup!”.

 "1.000 Orang Kebelet Hidup!" hadir untuk memprovokasi dan mematahkan pola fenomena sosial masyarakat mengenai kehidupan yang sukses.

Hidup tidak hanya sekedar masuk ke universitas yang baik, melamar pekerjaan dengan gaji yang baik, menikah dan memiliki anak. Setiap orang harus menjalani kehidupan yang bermakna dengan mencari dan menjalani tujuan hidup sejati mereka serta memberikan dampak positif kepada masyarakat.

"1.000 Orang Kebelet Hidup!" merupakan tiga hari fasilitasi intensif untuk membantu orang menemukan dan menjalankan passion dan tujuan hidup mereka. Program ini ditujukan bagi orang - orang yang sedang

  • Bingung menentukan arah tujuan hidup
  • Bosan menjalani keseharian
  • Galau dalam menentukan jalur karir yang tepat
  • Bingung apa saja passion dan bakat dalam diri

Melibatkan 1.000 peserta secara masif dan serentak, “1.000 Orang Kebelet Hidup!” adalah acara bertema penemuan tujuan hidup terbesar dan terunik yang akan digelar pada 1-3 Mei 2018 di Puri Financial Tower, Kembangan, Jakarta Barat.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, para peserta tidak dipungut biaya untuk keikutsertaannya, dimana normalnya nilai investasi untuk kegiatan semacam ini adalah Rp 2.500.000 per orang.

- -

Ali Zaenal Abidin selaku pendiri Insight Out mengungkapkan, "Kami percaya bahwa event ini akan menjadi titik balik yang sangat signifikan bagi para peserta untuk mengubah hidup mereka menjadi penuh semangat, terus berkembang, dan lebih bermakna. Yang juga sangat penting, masyarakat akan mendapatkan efek positif dari transformasi yang dilalui para peserta dengan mereka menemukan dan menjalankan tujuan hidupnya."

“1.000 Orang Kebelet Hidup!” akan menghadirkan public figure seperti Najelaa Shihab (Inisiator Pesta Pendidikan), Irfan Amalee (Pendiri Peace Generation), M. Alfatih Timur (Pendiri kitabisa.com) dan Pidi Baiq (Penulis Novel Trilogi “Dilan”) sebagai pembicara tamu yang telah menemukan dan menjalankan tujuan hidupnya.

Para pembicara akan berbagi kisah mengenai perjalanan mereka dalam menemukan dan menjalankan tujuan hidupnya sehingga dapat memiliki dan menjalani hidup yang bermakna. Dengan mempelajari kisah perjalanan mereka, para peserta “1.000 Orang Kebelet Hidup!” akan dapat mengambil pelajaran dan memulai perjalanan mereka sendiri.

Kadang kita merasa kesasar ke jalan yang tak kita inginkan, tetapi sebetulnya Tuhan menginginkan kita untuk menemukan lebih banyak perbekalan menuju hidup yang kita impikan,”tutur Irfan Amalee, Pendiri Peace Generation.

- -

Menemukan passion dan tujuan hidup ialah langkah awal untuk memulai perjalanan hidup yang bermakna. Langkah penting selanjutnya adalah menjalani semuanya dengan konsisten. Berangkat dari hal tersebut, determinasi perlu hadir dalam setiap individu. Seperti yang diungkapkan oleh M. Alfatih Timur, pendiri kitabisa.com, “Passion itu ketemunya bukan pas dicari tapi setelah ditekuni.”

Berikut ini agenda yang akan dijalani peserta selama mengikuti “1.000 Orang Kebelet Hidup!” :

1. Hari 1, Where Am I Now?

Peserta akan menjadi detektif untuk memecahkan misteri tujuan hidupnya. Dimulai dengan mencari tahu "posisinya saat ini" dan mencari tahu apa kontribusi positif yang dapat mereka berikan kepada orang lain dan lingkungan sekitar.

2. Hari 2, Where to Go?

Dalam sesi ini, peserta mulai menggali satu per satu petunjuk guna memecahkan misteri tujuan hidup, merancang perjalanan hidup, serta mengidentifikasi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di masa depan.

3. Hari 3, I'm on My Way

Membekali diri untuk menjalankan tujuan hidup dengan membangun determinasi dan konsistensi, mengembangkan dan mengelola jaringan orang-orang di sekitar sebagai ekosistem pendukung, dan bergabung dalam Purposeful People Community.

Para peserta yang telah menyelesaikan “1.000 Orang Kebelet Hidup!” akan tergabung dalam Purposeful People Community, sebuah komunitas yang bertujuan menjaga satu sama lain agar terus konsisten dalam menjalani tujuan hidup mereka dan memberikan karya dan dampak positif ke masyarakat.

Insight Out menargetkan satu juta orang yang telah menemukan dan menjalankan tujuan hidupnya di tahun 2027. Semakin banyak orang  yang telah menemukan dan menjalankan tujuan hidupnya,  semakin banyak pula orang yang memberikan dampak positif terbesar mereka kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai “1.000 Orang Kebelet Hidup!”, silakan kunjungi laman berikut. Ikuti pula perkembangan acara ini melalui Twitter di @iomw_official.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com