Advertorial

Menjajal 3 Fitur Jagoan “Smartphone” Rp 2,5 Jutaan, Huawei Nova 2 Lite

Kompas.com - 05/05/2018, 12:00 WIB

Setelah resmi masuk ke Indonesia, HUAWEI nova 2 lite langsung mendapat tempat di daftar pilihan smartphone terjangkau dengan spesifikasi kelas premium. 

Di lini smartphone mid-range, spesifikasi dan fitur-fitur unggulan HUAWEI nova 2 lite layak diperhitungkan. Smartphone seharga Rp 2.599.000 ini maju bersaing dengan ponsel sekelasnya mengandalkan tiga fitur jagoan, yakni kamera ganda, Face Unlock, dan Fullview Display. 

Dilihat dari fitur-fitur unggulannya, rasanya Huawei menciptakan produk ini untuk generasi millennial. Generasi ini membutuhkan perangkat yang multitasking, alias mumpuni untuk memotret objek dan berselancar di media sosial, serta mampu menyajikan tampilan layar yang memuaskan untuk mengakses hiburan maupun menyelesaikan pekerjaan. 

Lantas, seberapa apik performa ketiga fitur jagoan HUAWEI nova 2 lite? Berikut ulasan singkatnya.

Kamera Ganda

Menjajal kamera ganda Huawei Nova 2 Lite dengan tampilan layar penuh. Menjajal kamera ganda Huawei Nova 2 Lite dengan tampilan layar penuh.

Tren kamera ganda memang masih digandrungi oleh pengguna smartphone masa kini. Selaku pioner pada teknologi kamera ganda, HUAWEI nova 2 lite mengusung kamera belakang utama beresolusi 13 megapiksel dan kamera sekunder 2 megapiksel yang dilengkapi dengan LED Flash.

Huawei pun menjagokan kemampuan kamera gandanya untuk menghasilkan foto dengan efek depth of field alias bokeh sebagaimana yang biasanya dilakukan kamera profesional. Penasaran dengan performanya, Kompas.com langsung mencoba fitur tersebut. Ini hasilnya.

Kamera belakang Huawei Nova 2 Lite beresolusi 13 megapiksel dan 2 megapiksel mampu menghasilkan gambar dengan efek bokeh. Kamera belakang Huawei Nova 2 Lite beresolusi 13 megapiksel dan 2 megapiksel mampu menghasilkan gambar dengan efek bokeh.

Kamera utama menangkap objek dengan cukup tajam, sementara kamera sekunder bekerja dengan apik untuk menghasilkan efek bokeh yang sempurna. Yang perlu dicatat, pengguna sebaiknya mengatur fokus dengan menyentuhkan jari ke layar, tepat pada objek yang dibidik. Anda perlu tunggu beberapa saat sampai kamera utama menempatkan titik fokus dengan akurat.

Untuk memberikan efek bokeh yang maksimal, pengguna harus mengaktifkan mode Wide Aperture. Pada mode ini, kamera menghasilkan gambar dengan rasio 4:3.

Sebenarnya, tanpa mengaktifkan mode Wide Aperture pun, kamera belakang HUAWEI nova 2 lite mampu menangkap detail gambar dengan tajam dan latar belakang buram. Contohnya seperti foto berikut ini.

Hasil foto dengan kamera belakang Huawei Nova 2 Lite tanpa mode Wide Aperture. Hasil foto dengan kamera belakang Huawei Nova 2 Lite tanpa mode Wide Aperture.

Face Unlock

Beralih ke fitur Face Unlock yang berfungsi membuka kunci layar smartphone dengan wajah pengguna sebagai “kata sandi” nya. Fitur Face Unlock ini mampu mendeteksi titik wajah pengguna yang terdaftar dengan akurat dan sangat cepat.

Pengguna mendaftarkan wajah sebagai sandi untuk membuka layar. Fitur Face Unlock pada Huawei Nova 2 Lite bekerja dengan akurat dan cepat. Pengguna mendaftarkan wajah sebagai sandi untuk membuka layar. Fitur Face Unlock pada Huawei Nova 2 Lite bekerja dengan akurat dan cepat.

Setelah mendaftarkan wajah sebagai kata sandi, pengguna dapat mencoba mengunci layar lalu membukanya. Caranya, tekan tombol kunci di bagian samping kanan bodi smartphone. Setelah itu, arahkan kamera depan smartphone HUAWEI nova 2 lite ke wajah pengguna yang terdaftar. Hasilnya, dalam waktu kurang dari setengah detik layar akan terbuka.

Fitur Face Unlock yang tersemat pada smartphone HUAWEI nova 2 lite bisa menjadi fitur keamanan yang dapat diandalkan. Pasalnya, ketika smartphone yang dalam keadaan terkunci ini diarahkan ke wajah yang tak terdaftar, smartphone ini menolak membuka kunci.

Meski begitu, smartphone ini juga masih menawarkan opsi lain untuk membuka kunci, seperti Fingerprint 4.0 melalui pemindai sidik jari di punggung smartphone. Pemindai ini malah punya fungsi tambahan, seperti menjadi shutter saat memotret atau merekam video, menjawab panggilan telepon, menyetop alarm, menampilkan panel notifikasi, dan bernavigasi menjelajahi foto-foto yang ada.

FullView Display

HUAWEI nova 2 lite memiliki layar berukuran 5,99 inci dengan resolusi HD+ 720×1440 piksel (269 ppi) dan rasio layar 18:9. Dengan razio sebesar ini, bezel kanan-kirinya menjadi cukup tipis. Artinya, luas layar untuk menampilkan foto, video, ataupun game menjadi lebih besar.

Fitur FullView Display Huawei Nova 2 Lite mampu menampilkan video HD dengan warna yang tajam. Fitur FullView Display Huawei Nova 2 Lite mampu menampilkan video HD dengan warna yang tajam.

Huawei juga memaksimalkan area display dengan meniadakan tombol Home di bagian bezel. Huawei nova 2 lite menyediakan soft button  Home, Back, dan Recent Apps yang menyatu dengan tampilan antarmuka.   

Layar ini terbilang sangat nyaman untuk menonton video berkualitas Ultra HD atau bermain game dengan tampilan layar penuh. Warna yang ditampilkan di layar tajam dan sedap dipandang mata.

Meski layarnya besar, HUAWEI nova 2 lite rasanya tetap nyaman dan ringan digenggam. Bodi smartphone ini berdimensi 76,7 x 158,3 x 7,8 milimeter dengan berat 155 gram termasuk baterai.

Fitur langka yang pas buat millennial

Selain 3 fitur di atas, HUAWEI nova 2 lite sebenarnya juga masih punya fitur andalan lain yang terbilang baru dan unik yang karakteristiknya pas buat generasi millennial. Adapun fitur tersebut adalah Game Suite dan WiFi Bridge.

Game Suite sendiri diperuntukkan bagi yang hobi bermain game melalui smartphone. Fitur ini bakal otomatis mengelompokkan aplikasi-aplikasi game dalam satu folder.

Pada dasarnya, melalui fitur Game Suite pengguna bisa mengatur mode terbaik untuk bermain game. Ada tiga macam mode yang disediakan. Pertama, Gaming Mode. Pada mode tersebut, performa smartphone dalam bermain game akan maksimal, namun konsekuensinya konsumsi daya akan meningkat pula.

Kedua, Smart Mode. Saat mode ini diaktifkan, smartphone akan menyeimbangkan performa untuk bermain game dan penggunaan daya. Ketiga, Saves Power Mode. Saat menggunakan mode ini, penggunaan daya baterai smartphone bisa lebih hemat, namun performa game dikurangi.

Bagi para gamers, waktu bermain game sangat berharga dan tak boleh diganggu gugat. Menjawab kebutuhan ini, Huawei pun menyuguhkan mode yang menarik dalam fitur Game Suite, yakni Uninterrupted Gaming.

Dengan mengaktifkannya, semua notifikasi yang biasanya muncul di layar akan disembunyikan. Artinya, tak ada lagi gangguan notifikasi selama pengguna bermain game. Yang perlu diingat, pemberitahuan telepon, alarm, dan daya baterai lemah akan tetap ditampilkan di layar.

Tampilan pengaturan fitur Game Suite pada Huawei Nova 2 Lite. Tampilan pengaturan fitur Game Suite pada Huawei Nova 2 Lite.

Fitur selanjutnya rasanya tak kalah menarik buat para millennialyang kerap berbagi koneksi internet melalui smartphone. Pernahkah Anda menerima tamu di kantor atau kampus, lalu si tamu ingin menyambungkan perangkat smartphone ke jaringan WiFi yang tersedia tetapi tak bisa, misalnya karena gagal memasukkan kata sandi internal? Nah, fitur yang tersemat di HUAWEI nova 2 lite ini bakal menjadi solusinya.

Adapun fitur tersebut adalah WiFi Bridge, sebuah fitur langka yang memungkinkan pengguna smartphone membagikan koneksi internet dari jaringan WiFi ke perangkat lain.

Dengan mengaktifkan fitur WiFi Bridge, HUAWEI nova 2 lite menjadi jembatan untuk perangkat lainnya mengakses jaringan WiFi yang tersedia. WiFi Bridge mampu membagikan koneksi internet hingga ke empat perangkat dalam satu waktu.   

Tampilan pengaturan fitur WiFi Bridge pada Huawei Nova 2 Lite. Tampilan pengaturan fitur WiFi Bridge pada Huawei Nova 2 Lite.

Sebagai informasi, HUAWEI nova 2 lite dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 3 GB dan ROM 32 GB plus slot microSD hingga 256 GB. Pada bagian dapur pacu, smartphone ini mengandalkan Snapdragon 430 CPU 1,4 GHz. Baterainya sendiri berkapasitas 3.000 mAh.

Di lini smartphone kelas menengah, ponselyang berjalan di sistem operasi Android 8.0 dan tampilan antarmuka EMUI 8.0 ini rasanya layak untuk dipertimbangkan untuk dimiliki tahun ini. Spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan cukup unggul untuk smartphone seharga Rp 2,5 jutaan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com