Advertorial

Jakarta Fashion and Food Festival kembali digelar untuk ke-15 Kalinya

Kompas.com - 09/05/2018, 23:05 WIB

Jakarta Fashion and Foof Festival (JFFF) adalah perayaan akbar tahunan yang diadakan sejak 2004 oleh Summarecon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Acara ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI.

Memasuki penyelenggaraan ke-15, JFFF telah menjadi acara tahunan yang lekat di hati penggemar mode dan pecinta kuliner Nusantara, juga para pelaku industrinya. Tahun ini JFFF digelar mulai tanggal 5 April-6 Mei 2018 di Summarecon Kelapa Gading dengan rangkaian acara Fashion dan Food Festival.

“Untuk ke-15 kalinya JFFF masih konsisten dengan visi mengangkat citra, harkat dan martabat bangsa Indonesia di kancah internasional melalui sektor industri kreatif berbasis budaya,” ujar Chairman JFFF, Soegianto Nagaria.

Soegianto melanjutkan, kehadiran JFFF telah menjadi sebuah program yang konsisten untuk terus melestarikan serta mengembangkan nilai budaya dan kekuatan perekonomian Indonesia melalui industri mode sekaligus kuliner yang berbasis budaya.

Khazanah kuliner Nusantara adalah salah satu contoh bahwa keragaman yang menjadi kekayaan bangsa. Wacana itu juga menjadi salah satu inspirasi JFFF untuk terus berandil dalam mendukung industri kuliner Indonesia melalui Food Festival dengan Kampoeng Tempo Doeloe dan Wine & Cheese Expo.

Tahun ini Kampoeng Tempo Doeloe atau biasa disebut KTD mengangkat tema dekorasi Tropical Garden yang diikuti oleh 90 peserta UKM maupun pengusaha kuliner sehingga menghasilkan lebih dari 200 ragam menu Nusantara.

Kenikmatan soto nusantara

Selain itu, setelah sukses menyelenggarakan Kompetisi Mie Warisan Nusantara tahun lalu, tahun ini KTD mengangkatSoto Nusantara yang sekaligus mendukung program Bekraf untuk mempromosikan Soto A Spoonful of Indonesian Warmth ke dunia.

Berikut adalah 10 Soto Nusantara yang dapat Anda cicipi kelezatan rasanya di KTD 2018:

(1) Coto Makassar H. Daeng Tayang, (2) Pallubasa Onta Makassar, (3) Soto Betawi H. Mamat, (4) Soto Kadipiro Yogyakarta, (5) Soto Kesawan Medan, (6) Soto Madura Bpk. H. Ngatidjo, (7) Soto Padang H. St. Mangkuto, (8) Soto Jakarta Pak H. Yus, (9) Soto Trisakti Solo, dan (10) Tauto Bumbu Pekalongan.

JFFF juga merupakan sebuah expo yang diharapkan dapat menghadirkan kegiatan pertukaran budaya untuk semakin meningkatkan citra positif budaya Indonesia di dunia internasional melalui adanya ekshibisi varian produk keju, cokelat, bahan masak, hingga wine dengan partisipasi serta kemitraan dengan beberapa kedutaan negara sahabat seperti Hungaria dan Australia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com