Advertorial

Tren Mudik dengan Rental Kendaraan Warnai Momen Lebaran Tahun Ini

Kompas.com - 15/05/2018, 19:08 WIB

Mudik telah menjadi budaya di Indonesia. Tak peduli seberapa jauh jarak yang ditempuh, pulang ke kampung halaman saat lebaran adalah kewajiban. Namun demikian, sebuah perjalanan memerlukan perencanaan yang matang agar semua dapat berjalan dengan lancar. Jika ditilik dari hulunya, alat transportasi merupakan poin utama yang harus diperhatikan.

Sastri, selaku Redaktur Travel di Kompas.com mengatakan bahwa di tahun 2018 ini terjadi peralihan pilihan transportasi oleh para pemudik. Jika sebelumnya alat transportasi umum mendominasi, maka di tahun ini banyak keluarga besar yang beralih untuk menggunakan jasa rental kendaraan.

“Para keluarga besar banyak beralih ke rental kendaraan karena sifatnya yang praktis. Dengan menggunakan jasa rental, para pemudik tidak perlu susah payah untuk mengatur agenda mudik plus destinasi liburan lebaran. Jadi mereka hanya tinggal duduk manis dan sampai,” kata Sastri ketika menjadi speaker di acara Blogger Gathering yang bertajuk “Transportasi Pilihan untuk Libur Lebaran” di Ocha Bella, Jakarta, Jumat (11/05/2018).

Sastri menambahkan bahwa masyarakat pun perlu kritis untuk menentukan rental kendaraan yang dipilih. Sebab, kenyamanan dalam melakukan mudik dan liburan saat lebaran itu menjadi poin utama. Para pemudik pasti akan kecewa jika kondisi kendaraan dan pelayanan supirnya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Pada kesempatan yang sama, Falla Adinda selaku travel blogger pun menceritakan pengalamannya dalam menggunakan jasa rental kendaraan. Ia pun sependapat bahwa dalam melakukan perjalanan seperti mudik, proses perencanaan menjadi hal yang paling krusial.

“Aku selalu memilih rental mobil setiap pergi ke suatu destinasi wisata. Sebab, aku bawa anak, atau kadang sama orangtuaku yang sudah sepuh. Oleh sebab itu, kenyamanan jadi aspek yang harus diperhatikan,” kata Falla.

Dengan menggunakan rental kendaraan, menurut Falla, kita dapat dengan mudah mencapai tujuan karena supir kenal dengan medan rutenya. Bahkan, supir pun bisa menjadi tour guide yang akan memandu perjalanan.

Dalam proses pemilihan rental, Falla menekankan bahwa masyarakat perlu selektif. Pertimbangan soal harga murah tidak bisa dijadikan hal utama karena ini menyangkut kenyamanan dan keselamatan. Masyarakat harus tahu bahwa kendaraan yang disewanya itu diberikan service secara berkala, memiliki asuransi, dan interior yang apik.

Dari beberapa rental yang pernah ia coba, Falla menyebut TRAC sebagai rental yang mampu memberikan kepuasan dalam perjalanan. Ia mengatakan bahwa TRAC memiliki service yang sangat baik.

Agus Riyadi selaku Chief Operating Officer TRAC menjelaskan bahwa TRAC yang merupakan anak perusahaan dari Astra Internasional ini sebenarnya telah berjalan cukup lama. Namun, fokus sebelumnya adalah di korporasi atau Business to Business.

Belakangan, TRAC semakin fokus merambah ke pasar Business to Consumer. Hal itu dilakukan karena TRAC melihat bahwa tren traveling telah menjadi budaya baru di kalangan masyarakat umum.

“Sejauh ini, kami telah menyediakan beberapa pilihan untuk para pelanggan yang ingin liburan, transportasi sehari-hari, atau bahkan pernikahan. Kami pun memiliki paket untuk leisure di beberapa kota dengan berbagai destinasi menarik. Layanan kami pun sudah luas, TRAC sudah hadir di 23 kota di Indonesia,” kata Agus.

Berbeda dengan rental atau jasa transportasi lainnya, TRAC mewajibkan para supirnya untuk melakukan training. Jadi fokusnya bukan hanya untuk menghafal jalan, tetapi supir pun dituntut agar menekankan safety driving.

Selain itu pula, TRAC memberikan layanan lain seperti self driving yakni sewa kendaraan tanpa supir. TRAC pun menjamin bahwa setiap kendaraan yang disewakan memiliki usia yang terhitung muda yakni di bawah tiga tahun.

Pada momen mudik dan libur lebaran ini, TRAC memberikan promo “Ayo Mudik” sebesar 30 persen. Bahkan untuk pemudik yang menyewa hingga lebih dari beberapa hari, maka TRAC akan memberikan gratis tambahan hari. Untuk melakukan reservasi, Anda dapat langsung datang ke cabang TRAC terdekat atau melalui email ke rco.nasional@trac.astra.co.id. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com