Advertorial

Para Pelari Bersiaplah, Mekaki Marathon 2018 Kembali Digelar Tahun Ini

Kompas.com - 16/05/2018, 15:49 WIB

Setelah sukses dihelat tahun lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat (Lobar) kembali menggelar Mekaki Marathon 2018, ajang lomba lari marathon di teluk Mekaki, Kecamatan Sekotong tahun ini.

Pemda Lombok Barat berencana menjadikan perlombaan ini sebagai ajang event sport tahunan. Berbeda dengan tahun lalu, Mekaki Marathon tahun ini diadakan jelang penghujung tahun, tepatnya pada 7 Oktober 2018.

“Mekaki Marathon akan diselenggarakan pada 7 Oktober 2018. Pergantian tanggal dan bulan ini mempertimbangkan beberapa hal diantaranya bulan puasa, pilkada serentak, dan momentum Asian Games 2018,” ujar Kabag Humas dan Protokol Lobar H. Saeful Ahkam.

Ia menambahkan, event ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu masyarakat Lombok, khususnya Lombok Barat. Menurutnya, Mekaki Marathon pertama di tahun 2017 telah memberi efek yang cukup bagus bagi pariwisata Lobar dan Sekotong secara khusus.

“Masyarakat mulai sadar akan pentingnya pariwisata. Selain itu tingkat kunjungan wisatawan di Sekotong semakin tinggi dan investasi pariwisata semakin berkembang di Lombok Barat,” tuturnya. 

Tahun ini, Pemda Lombok Barat kembali menggandeng ArchiSS sebagai Event Organiser dan DnD Sport untuk menyukseskan event lari marathon ini.

Juria Ambar Haruni, selaku event organizer dari ArchiSS, mengungkapkan kekagumannya terhadap persiapan yang dilakukan Pemda Lombok Barat untuk menggelar kembali Mekaki Marathon 2018.

Menurut pantauannya bersama Race Director dari DnD Sport, Dardityo Santoso (Didit), kondisi rute untuk para pelari sudah diperlebar dan semakin rapi dari start hingga finish di pantai Mekaki.

“Ini sebuah hal yang membuat kami bersemangat dan punya satu tekad bahwa Mekaki 2018 harus disupport dan dilaksanakan,” ujar Haruni.

Ia juga mengatakan, pihaknya tidak sekedar menginginkan Mekaki Marathon hanya sebagai event lari semata, melainkan juga menjadi momen untuk memperkenalkan Lombok Barat sebagai obyek pariwisata ke seluruh dunia.

- -

Hal senada pun disampaikan Didit.  Para peserta lari nantinya dapat memanfaatkan kegiatan lari tersebut sambil berswa foto pada spot-spot wisata dengan pemandangan menarik di sepanjang rute.

Tahun ini, terang Didit, panitia akan bekerja sama dengan masyarakat setempat dan para penggiat pariwisata agar para pelari dari luar Pulau Lombok dapat menginap dan merasakan suasana di Sekotong yang tidak kalah bagus dengan tempat wisata lain di Pulau Lombok.

“Kita akan berikan alternatif kepada peserta untuk menginap di hotel, villa, homestay, atau mungkin di rumah penduduk,” jelasnya.

Selain perlombaan Marathon, tahun ini panitia akan menyajikan hiburan dan pertunjukan yang berbeda dari tahun lalu.

 “Panggung hiburan juga akan dibuat merakyat yang bisa memberikan suasana Lombok. Kami juga akan memperbanyak artis dari Lombok,” ujar Didit.

Pendaftaran peserta akan dimulai pada akhir Juni melalui online dan offline. Para pelari yang ingin merasakan sensasi berlari melintasi tepi pantai Mekaki dapat mendaftar melalui situs resmi Mekaki Marathon.

“Kalau yang dari Lombok bisa lewat website maupun offline. Kami sedang persiapkan semuanya supaya mereka bisa mendaftar dengan baik,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com