Advertorial

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman bagi Ibu Hamil

Kompas.com - 28/05/2018, 09:04 WIB

Pulang mudik untuk bertemu keluarga tercinta di kampung halaman tentu menjadi hal yang paling ditunggu saat libur Lebaran tiba, tidak terkecuali bagi calon ibu yang tengah mengandung.

Meski perjalanan mudik terkesan cukup berat, para calon ibu pun tetap bisa melakukannya. Tentunya, dengan melakukan berbagai persiapan yang matang.

Mulai dari persiapan kondisi kesehatan calon ibu hingga rencana perjalanan, ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan. Agar para calon ibu lebih tenang selama mudik, ikuti saja tips-tips berikut:

Gunakan moda transportasi yang paling aman

Agar mudik berjalan lancar, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah kenyamanan dan keamanan ibu hamil. Untuk itu, sebaiknya pilihlan transportasi umum dengan durasi paling singkat seperti  pesawat.

Namun sebelumnya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kehamilan. Biasanya, usia kandungan calon ibu akan menjadi pertimbangan izin terbang dari pihak dokter maupun maskapai.

Saat menggunakan transportasi umum apa pun, pilihlah kelas yang eksekutif agar posisi duduk sang ibu hamil lebih nyaman. Anda bisa melihat ketersediaan tiket eksekutif melalui Traveloka untuk mendapatkan penawaran harga termurah serta pembelian yang mudah dan aman saat akan melakukan perjalanan mudik nanti.

Persiapkan kondisi fisik dan mental

Melakukan perjalanan mudik dalam kondisi hamil tentu bukanlah hal yang mudah. Saat hamil, kondisi tubuh akan mudah lelah, begitu pun mental Anda yang akan mudah tidak stabil.

Oleh karena itu, sebelum berangkat mudik sebaiknya Anda beristirahat cukup dan mengonsumsi vitamin yang diperlukan.

Selain mempersiapkan kondisi fisik dan mental sang ibu, para suami pun harus memiliki kondisi fisik dan mental yang siap. Dengan begitu, para suami akan selalu siap siaga melayani segala kebutuhan calon ibu hamil selama perjalanan mudik.

Hindari barang bawaan yang berat

Dalam kondisi hamil atau tidak, sebaiknya lakukan tips yang satu ini. Meminimalisasi barang bawaan tentu akan memudahkan siapapun, termasuk ibu hamil.

Hal ini pun berkaitan dengan kelangsungan kehamilan, dimana Anda tidak diperbolehkan untuk membawa atau mengangkat barang berat. Pasalnya, kegiatan tersebut dapat memengaruhi kondisi janin Anda.

Solusinya, Anda bisa mengirimkan sebagian barang bawaan melalui paket ekspedisi. Selain itu, Anda bisa meminta bantuan porter untuk membawakan barang bawaan saat berada di bandara, stasiun, maupun terminal.

Luangkan waktu istirahat

Jika Anda mudik menggunakan transportasi pribadi, jangan ragu untuk beristirahat sejenak saat merasa lelah. Pasalnya, memaksakan diri untuk terus berjalan saat kondisi tubuh sang ibu hamil menurun bisa membahayakan kondisi kesehatan janinnya.

Pilihlah tempat beristirahat yang memadai, mulai dari area aman parkir, ketersediaan makanan, hingga lokasi duduk yang nyaman.

Untuk memudahkan, Anda bisa melihat beragam rekomendasinya melalui Traveloka Eats di Traveloka. Melalui fitur ini, Anda akan dapat melihat ulasan restoran-restoran terbaik di beberapa kota Indonesia.

Tetap berhubungan dengan dokter kandungan

Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan. Pastikan hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan selama perjalanan agar kondisi tetap prima.

Selain itu, tetap jalin komunikasi dengan dokter kandungan selama perjalanan jika merasakan hal-hal yang tidak dimengerti seputar kandungan. Untuk itu, pastikan pulsa telepon dan kuota Anda cukup untuk melakukan konsultasi via telepon. 

Bila kehabisan pulsa, Anda bisa melakukan pengisian ulang pulsa telepon melalui Traveloka lewat fitur Tagihan & Isi Ulang. Melalui cara itu, perjalanan mudik Anda bisa berjalan aman, lancar, dan tenang.

Melakukan perjalanan mudik memang butuh rencana yang matang, karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba tips-tips di atas.

Dengan demikian, rencana silaturahim dan mengunjungi kampung halaman bisa terwujud meski Anda dalam kondisi hamil. Selamat menjalankan mudik dengan aman!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com