Advertorial

5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 04/06/2018, 09:17 WIB

Melakukan mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Menempuh perjalanan ratusan hingga ribuan kilometer saat berpuasa seolah menjadi jadwal rutin setiap tahunnya. Kondisi ini tentu bukan hal yang mudah dilakukan, terlebih lagi jika menggunakan moda tranportasi darat seperti bus, kereta api, atau menggunakan kendaraan pribadi.

Kesehatan tubuh menjadi salah satu faktor penting saat ingin melakukan perjalanan mudik yang jauh. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa tips menjaga kesehatan berikut agar perjalanan mudik tahun ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti. Simak penjelasan selengkapnya!

Lakukan persiapan yang matang

Saat ingin melakukan perjalanan mudik, Anda perlu melakukan persiapan yang matang agar tetap sehat dan bugar sampai di kota tujuan. Kelelahan adalah kondisi yang umum terjadi saat seseorang melakukan perjalanan panjang dengan durasi lama, apalagi saat tengah berpuasa.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan pastikan tubuh dalam kondisi bugar dengan mencukupi kebutuhan tidur. Tidur selama 6 jam sebelum berangkat bisa membuat tubuh tetap bugar saat melakukan perjalanan mudik. Untuk menghindari habisnya tenaga dikala puasa, Anda bisa melakukan perjalanan mudik setelah berbuka atau malam hari. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap melakukan perjalanan mudik.

Pilih moda transportasi yang nyaman

Bijak dalam menggunakan moda transportasi saat ingin pulang mudik juga menjadi faktor yang penting agar tubuh tetap bugar saat tiba di kota tujuan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mudik dengan kendaraan pribadi hanya demi menghemat bujet mudik.

Anda bisa menggunakan moda transportasi umum yang nyaman dan bisa membuat tubuh lebih banyak beristirahat sepanjang perjalanan. Misalnya, dengan menggunakan pesawat yang dapat memangkas durasi perjalanan mudik. Agar tidak kehabisan tiket, Anda harus memesan tiket jauh-jauh hari dan melihat penerbangan yang cocok dengan jadwal cuti dan bujet.

Untuk dapat memesan dan mendapatkan tiket termurah, Anda bisa menggunakan Traveloka yang memberikan hasil pencarian tiket pesawat lengkap. Tak hanya pesawat, Anda juga dapat melihat dan memesan jadwal keberangkatan kereta api dan bus melalui Traveloka.

Saat menggunakan kereta api atau bus, Anda bisa memilih kelas eksekutif agar dapat lebih nyaman saat menempuh perjalanan yang memakan waktu lebih lama. Mudik dengan transportasi umum pun dapat berjalan lancar dan Anda dapat tetap sehat sampai di kampung halaman.

Perhatikan asupan makanan

Asupan makan sering sekali terabaikan saat melakukan perjalanan mudik. Prinsip “yang penting kenyang” harus dibuang jauh-jauh saat melakukan perjalanan jauh. Anda harus tetap memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar stamina dapat terjaga selama di perjalanan.

Bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mampir ke restoran-restoran yang dilewati untuk sekadar beristirahat atau mengisi perut. Anda bisa mendapatkan inspirasi restoran yang sesuai dengan selera dengan mencari informasi di Traveloka Eats, kurasi kuliner dengan ulasan lengkap di dalamnya. Selain mengisi perut, Anda pun bisa melakukan wisata kuliner daerah dengan bantuan aplikasi Traveloka ini. Semua kenyang, semua senang!

Lakukan pemanasan

Terdengar sepele memang, tapi dengan melakukan sedikit pemanasan sebelum melakukan perjalanan mudik akan membuat Anda terhindar dari tubuh pegal-pegal saat di perjalanan. Duduk dalam posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama tentu bisa membuat tubuh mudah terserang pegal-pegal hingga salah urat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan sedikit gerakan pemanasan sebelum jalan atau saat sedang beristirahat agar tubuh terhindar dari rasa pegal. Misalnya, lakukan gerakan peregangan di area lengan, pinggang, hingga kaki sebelum berangkat atau saat sedang beristirahat di rest area.

Sediakan obat-obatan pribadi

Membawa obat-obatan pribadi menjadi tips terakhir yang harus Anda lakukan agar tetap sehat selama mudik. Bawalah selalu obat-obatan ringan seperti obat anti mabuk perjalanan, flu, hingga obat untuk mencegah masuk angin. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak repot mencari toko terdekat untuk membelinya saat diperlukan.

Selain itu, bagi Anda yang memang membutuhkan obat-obat pribadi yang harus dikonsumsi secara rutin, seperti obat darah tinggi, diabetes, dan lainnya, sebaiknya selalu mempersiapkan obat-obatan ini saat melakukan perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa meminum obat yang harus dikonsumsi secara rutin agar Anda dapat tetap sehat saat perjalanan mudik.

Kondisi kesehatan memang menjadi faktor yang penting agar perjalanan mudik Anda tetap berjalan lancar dan nyaman. Dengan begitu, kegiatan silaturahmi bersama keluarga besar bisa tetap berlangsung dengan menyenangkan. Selamat melakukan perjalan mudik dan tetap sehat selalu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com