Advertorial

Alumni Unpar Adakan Acara Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Dhuafa

Kompas.com - 11/06/2018, 10:18 WIB

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan acara buka bersama anak yatim dan dhuafa bertajuk “Alumni Unpar Berbagi kasih: Ngabuburit dan Buka Bersama Anak Yatim dan Dhuafa” di Gedung Pusat Pembelajaran Arnst-Geise Unpar (5/6/2018).

“Semoga ibadah puasa bapak/ibu dan adik-adik semua akan mendapatkan pahala berlimpah,” kata rektor Unpar, Mangandar Situmorang saat membuka acara.

Rektor Mangandar melanjutkan dengan doa dan harapan agar bulan Ramadhan ini akan mendatangkan berkah bagi seluruh peserta buka bersama.

Acara buka puasa dalam rangka merayakan bulan Ramadhan itu digelar atas kerja sama pihak universitas dengan Ikatan Alumni (IKA) Unpar.

Hadir pula dalam acara itu pihak Yayasan Unpar, pihak universitas, staf dan karyawan, Paguyuban Purnabakti Unpar (PPU), alumni, serta mahasiswa Unpar.

Rangkaian acara

Panitia menghadirkan anggota Fatwa MUI Jawa Barat, Asep Faturrohman untuk mengisi tausiah Ramadhan yang merupakan bagian dari rangkaian keseluruhan acara buka bersama.

Asep menyampaikan, Alquran mengajarkan untuk saling mengenal, saling mencintai, tanpa melihat perbedaan.

“Oleh karena itu, dalam kehidupan kita semua ini, harus membangun rasa saling percaya, tidak boleh saling curiga mencurigai,” lanjut dia dalam tausiah singkatnya.

- -

Selain tausiah, acara juga semakin meriah dengan penampilan musik dari Zoomcoustic, De Ebels, Yayasan Biruku Indonesia, dan persembahan puisi dari Yayasan Roemah Quran Indonesia.

Tidak ketinggalan penulis novel Dilan, Pidi Baiq turut hadir mempersembahkan beberapa lagu. Kedatangannya ke Unpar juga sekaligus bersilaturahim dengan pengurus IKA Unpar yang merupakan teman-temannya semasa kuliah di Bandung.

“Seneng ke sini (Unpar). Kalau ke Unpar selalu seneng,” ujarnya saat ditemui tim publikasi Unpar di sela acara buka bersama.

Kumpulkan donasi

Panitia juga mengumpulkan donasi dari rekan-rekan akademika Unpar yang ingin berpartisipasi dalam bentuk dana melalui transfer bank.

Pengumpulan donasi itu dikoordinasi oleh bendahara IKA Unpar. Dana terkumpul kemudian akan diberikan kepada yayasan anak yatim dan dhuafa yang bersangkutan.

“Momen Ramadhan sebagai momen untuk berbagi kebahagiaan,” kata alumni Fakultas Hukum Unpar angkatan 1996 yang kini menjabat sebagai Deputi Kebangsaan dan Pengabdian masyarakat IKA Unpar, sekaligus panitia acara buka bersama, Ika Hutabarat.

Pernah adakan acara serupa sebelumnya

Ika melanjutkan, kegiatan serupa sudah tiga kali diadakan olehnya bersama tim alumni Unpar. Sebelumnya, acara Musik Puing pernah diadakan dalam rangka pembongkaran Gedung Serba Guna Unpar, juga acara buka bersama dalam momen Ramadhan dua tahun lalu.

Ia mewakili tim alumni juga berharap agar semangat kegiatan ini bisa menular, serta agar alumni bisa semakin kompak antarangkatan dan fakultas. Ia juga menyatakan bahwa IKA dan alumni ingin terus berbagi.

Kegiatan serupa juga pernah diadakan oleh IKA Unpar saat momen Natal pada Desember 2017 lalu dengan berbagi kebahagiaan Natal di enam lokasi sekitar Kota Bandung.

Enam lokasi itu yakni Panti Sosial Bakti Pertiwi, Rumah Singgah kasih, Wisma Lansia Nasution, Yayasan Ruth, Pondok Lansia Tulus Kasih, dan Panti Sosial Tresna Wredha Nazareth.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com