Kilas

Gubernur Olly: Sinergi, Kunci Kesuksesan Pilkada di Sulut

Kompas.com - 28/06/2018, 16:43 WIB

MINAHASA, KOMPAS.com - Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di enam daerah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (27/6/2018) berlangsung aman dan lancar.

“Pilkada berjalan lancar dengan situasi keamanan relatif aman terkendali, dan lancar,” ujar Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat memantau langsung pemungutan suara di Kabupaten Minahasa Sulut.

Dalam pemantauan ini, Olly turut didampingi oleh Unsur Forkopimda Minahasa, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen, Sekda Kab. Minahasa Jefry Korengkeng, serta Bawaslu Minahasa.

(Baca: Sulawesi Utara Siap Kelola Sampah dengan Cara Modern)

Menurut Olly, kunci utama kesuksesan pesta demokrasi ini adalah sinergi yang kuat dari semua pihak yang terkait, terutama masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya.

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh calon Bupati, Wakil Bupati dan Walikota, Wakil Walikota yang mengikuti Pilkada. Sebab, mereka telah melaksanakan proses demokrasi di Sulut dengan tertib sejak kampanye hingga hari pemilihan tiba.

Adapun enam daerah yang menyelengarakan pilkada di Provinsi Sulut, yakni Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Talaud, serta Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro.

(Baca: Sulawesi Utara Siap Gelar Peringatan Hari Keluarga Nasional)

Pilkada ini diikuti oleh 16 pasangan calon (Paslon) serta sekitar 591.040 pemilih yang tersebar pada 79 Kecamatan dan 800 Desa/Kelurahan.

Gubernur Olly berpesan, siapa pun yang menang nantinya, itulah yang diinginkan rakyat.

Oleh sebab itu, semua pihak harus mendukung hasil tersebut demi terselenggaranya roda pemerintahan dan pembangunan yang baik bagi Sulut.

 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com